Fed Rate Naik, Bos Bursa: Pasar Lebih Tenang

Dian Ihsan Siregar    •    Kamis, 17 Dec 2015 13:47 WIB
the fed
Fed Rate Naik, Bos Bursa: Pasar Lebih Tenang
Direktur Utama BEI Tito Sulistio (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

Metrotvnews.com, Jakarta: Direktur Utama PT Bursa Efek Indonesia (BEI) Tito Sulistio menilai kenaikan suku bunga The Fed sebesar 25 basis poin akan memberikan angin segar bagi pergerakan pasar modal Indonesia.‎ Sebab, dengan adanya kenaikan itu maka permasalahan ketidakpastian sudah tidak ada lagi.

‎"Kenaikan Fed Fund Rate sudah diprediksi pelaku pasar (investor). Jadi kalau ditanya justru jadi bagus, karena ketidakpastian sudah tidak ada," ungkap Tito, di Jakarta, Kamis (17/12/2015).

Selain itu, lanjut Tito, kenaikan suku bunga sebanyak 25 basis poin juga memberikan ketenangan bagi pasar modal Indonesia. Hal ini memberi dampak positif karena investor di pasar modal bisa menentukan arah investasi dan nantinya berlari kencang untuk mengejar imbal hasil yang maksimal.

Bahkan, Tito menilai, apabila The Fed kembali menaikkan suku bunga dalam jangka waktu tiga bulan ke depan maka investor akan tetap lebih tenang. "Ini membuat kita tenang, investor lebih bisa menentukan arah," jelas dia.

Untuk diketahui, The Fed pada Rabu waktu setempat (Kamis pagi WIB) memutuskan untuk menaikkan suku bunga acuannya sebesar 25 basis poin. Ini merupakan kenaikan suku bunga pertama sejak 2006, di mana menandai akhir dari era pelonggaran kebijakan moneter yang luar biasa.

Kenaikan ini mengingat perbaikan cukup besar dalam kondisi-kondisi pasar tenaga kerja tahun ini dan pihaknya cukup yakin bahwa inflasi akan naik. Bank sentral memutuskan untuk menaikkan kisaran target untuk suku bunga federal funds menjadi 0,25-0,5 persen, demikian disampaikan The Fed dalam sebuah pernyataan setelah mengakiri  pertemuan kebijakan dua hari pada Rabu.


(ABD)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

1 week Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA