JK Belum Tahu Siapa Pengganti Novanto

Husen Miftahudin    •    Kamis, 17 Dec 2015 14:26 WIB
pengganti setya novanto
JK Belum Tahu Siapa Pengganti Novanto
Wakil Presiden Jusuf Kalla--Metrotvnews.com/Dheri Agriesta

Metrotvnews.com, Jakarta: Setya Novanto resmi mengundurkan diri dari kursi Ketua DPR RI. Ini mengharuskan Partai Golkar memilih kader yang bisa dipercaya untuk duduk di kursi yang ditinggalkan Novanto.

Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengatakan, dalam Undang Undang MPR, DPR, DPD dan DPRD (MD3), jika Ketua DPR turun, maka akan digantikan oleh partai masing-masing, dalam hal ini Partai Golkar. Meski begitu, JK masih belum mengetahui pasti siapa nama pengganti Novanto.

"Kecuali UU itu diubah. Tapi selama UU berlaku itu begitu bahwa anggota yang turun akan diganti oleh orang satu partainya. Itu aturan yang ada. Tapi kita belum tahu," ujar JK saat ditemui di kantornya, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (17/12/2015).

Novanto resmi mengundurkan diri, Rabu 16 Desember malam. Surat resmi pengunduran diri Novanto telah dibacakan dalam sidang tertutup di Mahkamah Kehormatan Dewan.

"Saya bacakan surat yang saya terima langsung dari yang bersangkutan: Sehubungan dengan penanganan pengaduan etika yang sedang berlangsung di DPR RI, dengan ini saya menyatakan pengunduran diri dari Ketua DPR RI 2014-2019," kata anggota MKD Sufmi Dasco, Rabu, 16 November.

Dalam surat tersebut tidak dijelaskan terkait pengakuan bersalah Novanto. Novanto mengatakan pengunduran dirinya dari kursi pimpinan DPR didasari pada pertimbangan situasi yang berkembang selama sidang MKD. Sikap ini dilandasi atas kecintaannya kepada kepentingan bangsa.

Novanto menjelaskan, selama dirinya menjabat sebagai pimpinan DPR, ada banyak dinamika politik yang terjadi. Namun, dia bilang, dinamika itu kerap menjegal dirinya dalam menjalankan tanggung jawab sebagai Ketua DPR.


(YDH)