Bagaimana Cara Kantor Membuat Anda Bertambah Gendut?

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 17 Dec 2015 14:30 WIB
kesehatan
Bagaimana Cara Kantor Membuat Anda Bertambah Gendut?
Makan di meja kerja bisa menimbun lemak. (Foto:zmescience.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kantor adalah tempat di mana orang menghabiskan sebagian besar waktunya. Tanpa disadari, kebiasaan sederhana yang terus dilakukan di kantor bisa mempengaruhi berat badan Anda.

Banyaknya beban yang perlu dikerjakan di kantor ternyata tak hanya buruk bagi kesehatan, namun juga mempengaruhi timbangan berat badan. Berikut kebiasaan yang harus segera Anda hilangkan bila tak ingin berat badan cepat naik. 

1. Makan di meja kantor
Terkadang karena pekerjaan yang terlalu banyak, Anda tak sempat keluar untuk makan dan meletakkan makanan atau camilan sambil berkonsentrasi menghadap ke komputer. Kebiasaan ini menyebabkan badan semakin tak aktif dan semakin banyak asupan yang tak dibutuhkan tubuh masuk karena jaraknya yang dekat. Setidaknya, Anda harus meluangkan 10 menit untuk beranjak dari meja untuk menikmati makanan yang tepat dan mendapatkan vitamin D dari paparan sinar matahari.

2. Tidak makan siang
Sarapan memang penting, namun makan siang pun demikian. Bila tidak makan setelah empat sampai lima jam setelah sarapan, maka tubuh akan kekurangan glukosa dan menyababkan kelaparan yang lebih parah. Oleh karena itu, lebih baik makan siang sekitar pukul 12.00 siang dengan porsi yang pas daripada terlambat namun dengan porsi berlebihan. Idealnya, tubuh membutuhkan karbohidrat, protein, dan sayuran tidak lebih dari jam 2 siang. 

3. Kebiasaan ngemil
Bukan hal yang aneh bila di kantor disediakan camilan bagi pekerjanya, seperti biskuit, kue coklat, bahkan mesin yang bisa membuat Anda memilih ingin memakan apa. Biasanya pekerja memakannya karena lelah, bosan, atau lapar. Untuk menghindarinya, ingatlah bahwa Anda bekerja, bukan bermain-main dan jauhkan makanan itu dari jangkauan Anda. Salah satu cara menolaknya adalah dengan mengatakan tidak sejak pertama kali ditawari.

4.  Kurang bergerak
Saat bekerja, kesempatan untuk bergerak akan semakin kecil karena berbagai alasan, misalnya macet dan lembur kerja. Anda akan jarang sekali berjalan karena selalu berada di depan komputer. Ada baiknya Anda mulai mengukur berapa banyak langkah dalam sehari dengan menggunakan alat pengukur langkah. Idealnya lakukan minimum 8.000-10.000 langkah per hari.

5. Kebanyakan duduk
Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, kebanyakan duduk adalah salah satu contoh kurang bergerak. Semakin banyak penelitian yang membuktikan bahwa sistem metabolisme bisa rusak bila melakukan kegiatan ini untuk jangka waktu yang terlalu lama. (news.com.au)


(LOV)