Setelah 4G LTE, Qualcomm Juga Mulai Lirik 5G

Mohammad Mamduh    •    Kamis, 17 Dec 2015 14:51 WIB
qualcomm
Setelah 4G LTE, Qualcomm Juga Mulai Lirik 5G
Potensi teknologi 5G menurut Qualcomm, Kamis (17/12/2015). MTVN/MAMDUH

Metrotvnews.com, Jakarta: Indonesia belum lama ini telah selesai merapikan jarring 4G LTE pada frekuensi 1.800 MHz. Namun, beberapa vendor sudah mulai memperkenalkan teknologi jaringan berikutnya.

Setelah ZTE, giliran Qualcomm yang ingin memperkenalkan teknologi 5G. Dalam konferensi pers yang diadakan di Midtown, Jakarta, Kamis (17/12/2015), Qualcomm menjelaskan sedikit mengenai pandangan mereka terhadap jaringan 5G.

“Saya tahu bahwa Indonesia belum memiliki 5G. Qualcomm sendiri sudah mulai mengembangkan teknologi ini,” Country Director Qualcomm Indonesia, Shannedy Ong. Namun, bukan berarti Indonesia harus cepat mengadopsinya. Qualcomm sendiri melihat potensi besar, bahkan lebih besar dari 4G LTE yang ada saat ini.

Menurutnya, terdapat 3 aspek penting dari teknologi 5G. Pertama, potensi untuk membuka berbagai macam layanan baru. Jika kita mengacu pada operator telekomunikasi Tanah Air saat ini, mereka berlomba-lomba menciptakan ekosistem digital berkat hadirnya 4G LTE. Teknologi 5G memungkin peluang bisnis yang lebih luas.

Kedua, beragam industri baru bisa muncul. Artinya, operator, developer, dan konsumen yang selama ini bermain di industri telekomunikasi, nantinya akan kedatangan pelaku bisnis baru yang saat ini belum ada. Namun, belum ada gambaran sekilas seperti apa bisnis tersebut, mengingat di global saja, penerapan teknologi 5G juga masih dalam tahap awal.

Ketiga, tidak ada lagi pengaturan frekuensi yang selama ini menjadi masalah bagi para operator telekomunikasi. Teknologi 5G memungkinkan implementasi CA (Carrier Aggregation) secara penuh sehingga batasan antar spektrum atau frekuensi akan menghilang.
 


(MMI)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

4 days Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA