Fadel Muhammad Bergerilya, Besok Sowan ke Ical

Al Abrar    •    Kamis, 17 Dec 2015 15:18 WIB
pengganti setya novanto
Fadel Muhammad Bergerilya, Besok Sowan ke Ical
Wakil Ketua Umum Golkar kubu Aburizal Bakrie, Fadel Muhammad di Kantor DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta Barat, Senin 9 November 2015. Foto: MI/Susanto

Metrotvnews.com, Jakarat: Fadel Muhammad sibuk menemui tokoh Partai Golkar. Hari ini ia menemui Ade Komaruddin, besok sowan ke Ketua Umum Aburizal Bakrie (Ical).

Fadel merupakan salah satu kader Golkar yang berpeluang duduk di kursi Ketua DPR menggantikan Setya Novanto. Namun, Fadel membantah pertemuannya dengan Ade membahas kursi kosong ketua Parlemen.

Fadel mengklaim peluangnya duduk di kursi ketua DPR cukup besar. Modalnya adalah pernah menjadi gubernur, menteri, pengurus senior di Golkar, dan memperoleh suara terbanyak pertama dari seluruh anggota Fraksi Golkar.

Menurut Fadel, sejak awal DPR periode 2014-2019, dirinya berpeluang menjadi Ketua DPR selain Ade dan Novanto. Namun, Ical lebih memilih Novanto. Fadel legowo.

"Saya minta yang (komisi) ekonomi saja karena saya suka," ujar dia. Saat ini, Fadel duduk di Komisi XI yang membidangi ekonomi.

Rabu malam 16 Desember, Novanto mundur dari jabatan Ketua DPR. Peluang Fadel kembali terbuka. Ia menunggu arahan dari Ical. "Besok atau lusa ketemu (Ical)," ujar Fadel.

Mekanisme pemilihan ketua DPR dimulai dar fraksi. Ketua fraksi menyodorkan beberapa nama ke ketua umum partai untuk memilih satu. "Mudah-mudahan sebelum akhir tahun ini atau awal tahun depan, sudah ada," kata Fadel.

Partai Golkar punya hak mengajukan nama pengganti Novanto. Hal itu sesuai Pasal 46 ayat (2) UU MPR DPR DPD dan DPRD, yang berbunyi, "Dalam hal penggantian pimpinan DPR tidak dilakukan secara keseluruhan, salah seorang pimpinan DPR meminta nama pengganti ketua dan/atau wakil ketua DPR yang berhenti kepada partai politik yang bersangkutan melalui fraksi".


(TRK)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

1 week Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA