Hujan Deras, Kabupaten Lebak Siaga II Banjir

Antara    •    Kamis, 17 Dec 2015 16:22 WIB
banjir
Hujan Deras, Kabupaten Lebak Siaga II Banjir
Foto: Simulasi Siaga Penanggulangan Banjir di Sungai Ciujung, Banten/Ant_Asep Fathulrahman

Metrotvnews.com, Lebak: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak, Banten, menetapkan Siaga II banjir, Ini menyusul tinggi permukaan Sungai Ciujung 418 centimeter dengan debit air 595 meter kubik per detik.

"Kami minta warga yang tinggal di daerah aliran sungai (DAS) meningkatkan kewaspadaan banjir karena intensitas curah hujan meningkat," kata Kepala Pelaksana Harian (Plh) BPBD Kabupaten Lebak, Kaprawi, di Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Banten, Kamis (17/12/2015).

Menurut dia, peringatan ini guna mengantisipasi korban jiwa dan kerugian material. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Banten memprediksi selama sepekan ke depan curah hujan di wilayah Kabupaten Lebak meningkat. Frekuensi hujan terjadi pagi, siang, sore dan dinihari berlangsung 3 hingga 7 jam. Selain itu, tiupan angin cukup kencang juga melanda Kabupaten Lebak. Beberapa rumah di Kabupaten Lebak mengalami kerusakan.

Kaprawi mengatakan, curah hujan dengan kapasitas ringan dan sedang sangat berpotensi bencana alam, seperti banjir dan longsor serta angin kencang. Sementara, ribuan kepala keluarga tinggal di daerah rawan banjir dan longsor, di antaranya di bantaran aliran sungai dan perbukitan

"Kami minta warga mengungsi ke tempat lain jika hujan terus menerus khususnya yang tinggal di daerah rawan longsor dan banjir," ujar dia.

Tercatat, ada 42 desa di Kabupaten Lebak yang masuk kategori rawan banjir tahunan dan longsor. Puluhan desa itu tersebar di Kecamatan Wanasalam, Banjarsari, Rangkasbitung, Warunggunung, Cileles, Cibadak, Leuwidamar, Bayah, Cikulur, Cimarga, Kalanganyar, Sobang, Cibeber, Cilograng, dan Sajira.

"Kami berharap masyarakat selalu siaga saat hujan turun agar tidak menjadi korban banjir dan longsor," imbuh dia.

Camat Kalanganyar, Kabupaten Lebak, Yeni Mulyani mengimbau warga khususnya yang tinggal di daerah aliran Sungai Ciberang dan
Cisimeut segera mengungsi ke tempat yang aman jika hujan deras turun. Apalagi, selama tiga hari terakhir wilayah ini dilanda hujan sedang disertai angin kencang.

"Saya berharap dengan meningkatkan kewaspadaan itu tentu dapat menghindari korban jiwa," pungkas dia.

 


(TTD)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

5 days Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA