Pentingnya Kolostrum untuk Bayi Baru Lahir

Putu Radar Bahurekso    •    Kamis, 17 Dec 2015 17:27 WIB
kesehatankesehatan anak
Pentingnya Kolostrum untuk Bayi Baru Lahir
Dr. Naomi Esthernita Dewanto. (foto:MTVN/Putu Radar)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kolostrum adalah air susu yang dihasilkan oleh kelenjar susu pada masa akhir-akhir kehamilan hingga awal setelah melahirkan. Kolostrum mengandung banyak komponen penting yang berpengaruh bagi bayi.

“Saat lahir, bayi prematur tidak dapat langsung mendapatkan kolostrum melalui proses menyusui layaknya bayi yang bugar,” ujar Naomi Esthernita Dewanto, Pimpinan NICU RS Siloam Kebon Jeruk saat ditemui di Rumah Sakit Siloam Kebon Jeruk, Jakarta, Kamis (17/12/2015).

Mengapa kolostrum itu penting bagi perkembangan bayi? Karena, kolostrum dapat menurunkan kemungkinan risiko infeksi nosokomial, peradangan usus, dan juga meningkatkan kemampuan bayi untuk mencerna makanan.

Di dalam kolostrum juga terkandung zat yang baik untuk nutrisi bayi seperti karbohidrat, protein, antibodi, dan lemak. Selain itu, kolostrum juga baik untuk daya tahan tubuh dan juga tumbuh kembang anak. Semua unsur dalam kolostrum bekerja untuk menjaga kesehatan tubuh.

“Kalau genggak dikasih kolostrum nanti bisa saja pencernaannya tidak dewasa-dewasa dan bakal tetap sulit menerima makanan. Karena manfaatnya banyak yang terkandung dalam kolostrum, makanya kolostrum ini adalah sangat ajaib sekali,” lanjut Naomi. 

Kolostrum paling banyak terkandung pada Air Susu Ibu (ASI) yang keluar awal-awal setelah melahirkan. Semakin lama, kolostrum yang terkandung dalam ASI pun semakin berkurang. Namun, dalam ASI sendiri pun sudah terdapat banyak zat baik yang juga berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh, melawan infeksi, dan meningkatkan pematangan saluran pencernaan bayi.
 
“ASI itu adalah susu dengan kualitas nomor satu dan gratis lagi. Masa sudah punya itu (ASI) masih ngasih bayi susu formula dengan kualitas nomor dua, tiga dan seterusnya, terus bayar lagi,” pungkas Naomi.


(LOV)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

5 days Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA