Hujan Deras, Tebing di Jepara dan Kudus Longsor

Rhobi Shani    •    Kamis, 17 Dec 2015 18:04 WIB
banjirlongsor
Hujan Deras, Tebing di Jepara dan Kudus Longsor
Rumah warga yang terkena longsor. (Metrotvnews.com/ Rhobi)

Metrotvnews.com, Jepara: Tingginya curah hujan yang mengguyur Kabupaten Jepara dan Kudus, Jawa Tengah, sejak dua hari terakhir menyebabkan sejumlah tebing mengalami longsor. Hingga sore ini, Kamis (17/12/2015), hujan masih mengguyur di kawasan Gunung Muria.

Di Kabupaten Jepara, tebing setinggi 2,5 meter di Dukuh Segrobok, Desa Bungu, Kecamatan Mayong, Kabupaten Jepara longsor.

Kasi Tanggap Darurat dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jepara, Pujo Prasetyo, menyampaikan, tebing longsor menimpa rumah milik Wartam (50), warga setempat.
 
“Bagian rumah yang rusak parah dapur dan sebagian atap rumah, karena lokasinya tepat berada di sisi tebing,” ujar Pujo.
 
Meski tidak ada korban jiwa, Pujo melanjutkan, total kerugian ditaksir hingga belasan juta rupiah.
 
Di Kabupaten Kudus material longsor setinggi 4 meter menimbun akses jalan di Dukuh Semliro, Desa Rahtawu, Kecamatan Gebog. Akibatnya, 200 KK warga Dukuh Semliro terisolir. Itu karena badan jalan menuju pedukuhan di lereng Gunung Muria itu tak bisa dilewati.
 
Kepala Desa Rahtawu, Sugiyono, menyampaikan, warga bersama relawan langsung membersihkan material longsor yang menutupi akses jalan. Proses evakuasi material dilakukan secara manual karena rawan jika menggunakan alat berat.
 
“Karena badan jalan sempit, kami khawatir jika menggunakan alat berat dapat membuat jalan ambles,” kata Sugiyono.
 
Selain tanah longsor, tingginya curah hujan yang turun di Kabupaten Kudus, juga menyebabkan banjir di sejumlah desa. 

Tingginya curah hujan merendam kawasan Desa Mejobo, Desa Kirig, dan Desa Temulus Kecamatan Mejobo, Kabupaten Kudus. Ketinggian air yang merendam rumah warga, jalan, dan fasilitas umum di sejumlah desa itu bervariasi. Mulai 10 sentimeter hingga 40 sentimeter.


(MEL)