Jababeka Kembangkan Kawasan Industri di Jateng

   •    Kamis, 17 Dec 2015 19:00 WIB
kawasan industri jababeka
Jababeka Kembangkan Kawasan Industri di Jateng
Kawasan Industri Jababeka. MI/Himanda Amrullah.

Metrotvnews.com, Semarang: Pengembang kawasan industri PT Jababeka Tbk berupaya mengembangkan kawasan industri di Jawa Tengah tepatnya di Kabupaten Kendal.

"Kami optimistis dengan pembangunan ini mengingat banyak investor yang tertarik untuk masuk ke Jawa Tengah," kata pimpinan Jababeka, S.D. Darmono sebagaimana dikutip dari Antara, Kamis (17/12/2015). 

Menurut dia, selama ini banyak investor asing yang ingin masuk ke Jawa Tengah, tetapi terkendala oleh persoalan infrastruktur dan sisi keamanan.

"Ketakutan asing ini salah satunya dari sisi keamanan. Dalam hal ini Jababeka diminta untuk menciptakan kondisi yang kondusif terkait dengan keberadaan industri ini," katanya.

Ia menyatakan bisa memberikan jaminan tersebut kepada para investor, baik dalam negeri maupun investor asing, terkait dengan izin, keberadaan infrastruktur, dan kepastian hukum.

"Mereka ingin fasilitas yang dibutuhkan, seperti listrik, air, dan pengolahan limbah disiapkan oleh kawasan industri tersebut. Dalam hal ini kami akan menyiapkan itu," katanya.

Sesuai dengan rencana awal, kawasan industri yang dibangun oleh Jababeka di Kabupaten Kendal seluas 2.700 hektare (ha). Saat ini 700 ha di antaranya sudah dibangun.

Dari sisi jumlah perusahaan, saat ini sudah ada lima perusahaan yang sudah melakukan pembayaran. Bahkan, satu di antaranya sudah mulai membangun pabriknya.

"Perusahaan-perusahaan ini bergerak di sektor makanan, furnitur, dan tekstil," papar dia.

Sementara itu, untuk melengkapi fasilitas di kawasan industri tersebut ke depan pihaknya akan menarik sejumlah pabrik kecil untuk dapat dibangun di kawasan yang sama.

"Keberadaan pabrik-pabrik kecil ini nantinya bisa memenuhi kebutuhan pabrik besar, salah satunya dari sisi bahan baku," pungkasnya.


(SAW)

Pergantian Ketua DPR Disebut Melibatkan Aburizal Bakrie

Pergantian Ketua DPR Disebut Melibatkan Aburizal Bakrie

14 minutes Ago

Wakil Ketua Fraksi Partai Golkar Ridwan Hisjam menyebut Ical, sapaan Aburizal, setuju dengan su…

BERITA LAINNYA