Pilkada Surabaya 2015

Dari 14 Pilkada yang Diikuti NasDem, 11 di Antaranya Menang

Amaluddin    •    Kamis, 17 Dec 2015 21:00 WIB
pilkada serentak
Dari 14 Pilkada yang Diikuti NasDem, 11 di Antaranya Menang
Ilustrasi. Foto: Antara/Noveradika

Metrotvnews.com, Surabaya: Partai NasDem mengklaim memenangi pilkada di 11 daerah di Jawa Timur. Partai NasDem ikut berpartisipasi di 14 pilkada dari total 19 pilkada yang diselenggarakan serentak di Jatim pada 9 Desember lalu. 

Sebanyak 11 daerah yang dinyatakan menang itu antara lain Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Jember, Kabupaten Situbondo, Kabupaten Ngawi, Kabupaten Tuban, Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Malang, Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Pacitan, dan Kota Blitar.

"Sebanyak 11 pasangan yang kami didukung maupun kami usung berhasil memenangi pilkada. Sedangkan tiga pasangan lainnya mengalami kekalahan, yakni di Sidoarjo, Kota Pasuruan, dan Trenggalek," kata Wakil Ketua DPW Partai NasDem Jatim, Muzammil Syafii, di kantor DPRD Jatim, Jalan Indrapura, Surabaya, Kamis (17/12/2015).

Muzammil mengatakan NasDem absen di empat daerah di Jatim, meliputi Kota Surabaya, Gresik, Lamongan, dan Kediri. Khusus di kediri NasDem abstain atau mengibarkan bendera putih karena tidak cocok dengan pasangan calon yang maju.

"Kemenangan ini patut kita syukuri karena NasDem Jatim berhasil memenuhi target, sehingga untuk tingkat nasional NasDem berada di peringkat ketiga di bawah PDIP dan Gerindra," kata mantan Wakil Bupati Pasuruan ini.

Menurut Muzammil, kemenangan NasDem di Jatim cukup besar. Hal itu karena NasDem cermat dalam memilih calon yang akan diusung maupun didukung. "Kami juga mengadakan survei terlebih dulu sebelum mendukung untuk melihat elektabilitas para calon yang maju," katanya.

Meskipun tidak ada mahar politik dari pasangan calon yang didukung atau diusung, seluruh elemen Partai NasDem akan berupaya penuh mengawal pemerintahan daerah.

"Sebab, bagi NasDem, kekuasaan itu sebagai sarana (wasilah). Tujuan utama kami adalah mewujudkan restorasi. Karena itu pasangan terpilih diharapkan mampu merestorasi daerahnya," kata pria yang juga ketua Fraksi NasDem-Hanura DPRD Jatim ini.


(UWA)