Studi: Orang yang Bicara Sendiri Cenderung Genius

   •    Kamis, 17 Dec 2015 21:44 WIB
Studi: Orang yang Bicara Sendiri Cenderung Genius
Orang yang bicara sendiri cenderung genius (Foto: lifehack)

Metrotvnews.com, Jakarta: Berbicara sendiri ternyata punya keuntungan yang besar untuk Anda. Sebuah studi telah membuktikan bahwa orang yang suka berbicara kepada dirinya sendiri sebenarnya orang genius.

Psikolog Gary Lupyan melakukan percobaan dengan mengetes 20 orang untuk mengingat benda yang dia tunjuk ketika berada di supermarket. Setengah dari mereka disuruh mengingat nama benda tersebut dengan mengulangnya terus menerus, sedangkan sebagian lagi tidak.

Hasilnya sungguh luar biasa. Mereka yang menghapal dengan pengucapan menemukan obyek lebih cepat dibandingkan yang diam saja.

Senada dengan Gary, psikolog Daniel Swigley mengungkapkan manfaat yang diperoleh ketika berbicara sendiri. Berikut di antaranya ;

1. Merangsang memori 
Saat berbicara sendiri, mekanisme sensorik Anda akan diaktifkan. Itu akan lebih mudah untuk memori Anda karena dapat memvisualisasikan kata dan bertindak sesuai.

2. Tetap fokus
Dengan berbicara sendiri membantu Anda lebih fokus dalam mengenali hal-hal yang Anda cari dengan segera. 

3. Membuat lebih tenang
Ya, saat Anda sedang marah pada seseorang, Anda bisa menenangkan diri Anda dengan berbicara sendiri. Menurut psikolog Linda Sapadin, ini membantu Anda memperjelas pikiran Anda dan memantapkan keputusan supaya tidak tergesa-gesa. (Sumarni/ Lifehack)
(ELG)