WhatsApp Kembali Dapat Digunakan di Brasil

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Jumat, 18 Dec 2015 07:00 WIB
whatsapp
WhatsApp Kembali Dapat Digunakan di Brasil
WhatsApp sudah dapat kembali digunakan di Brazil. (TechCrunch)

Metrotvnews.com: Satu hari setelah pengadilan di Sao Paulo mengeluarkan larangan penggunaan WhatsApp, larangan ini lalu dibatalkan. Alasan pemblokiran ini adalah karena WhatsApp gagal untuk memenuhi perintah pengadilan untuk menyediakan informasi mengenai sebuah kasus.

Dalam keputusan yang dibuat hari ini, hakim Xavier de Souza, menyebutkan bahwa pemblokiran WhatsApp, yang mempengaruhi jutaan penggunanya, merupakan sebuah keputusan yang agak berlebihan, terutama jika hanya didasarkan atas alasan ketidakmampuan WhatsApp untuk memberikan informasi kepada pihak pengadilan.

Seperti yang dilaporkan oleh The Verge, pemblokiran ini lalu dibatalkan. Sebagai gantinya, hakim de Souza memberikan rekomendasi agar denda yang diberikan kepada WhatsApp karena gagal untuk memenuhi 2 panggilan dari pihak pengadilan, ditambah.

WhatsApp terbukti sangat populer di Brasil. Banyak masyarakat Brazil yang lebih memilih untuk menggunakan WhatsApp daripada menggunakan paket yang ditawarkan perusahaan telekomunikasi yang ada di Brazil.

Perusahaan telekomunikasi Brasil telah mendorong pemerintah untuk melarang penggunaan WhatsApp. Mereka berargumen bahwa layanan telepon gratis yang ditawarkan oleh WhatsApp merupakan layanan ilegal. Saat ini, pemerintah masih belum menetapkan peraturan apapun mengenai hal ini.

Pemblokiran WhatsApp mulai aktif di hari Kamis pada tengah malam waktu setempat. Seharusnya, pemblokiran ini berlaku selama 48 jam. Pemblokiran ini sempat membuat masyarakat Brasil mencari layanan alternatif seperti Telegram.

Saat penggunaan WhatsApp dilarang, pengguna baru Telegram bertambah drastis. Sebanyak 1,5 juta orang mendaftarkan diri menjadi pengguna baru Telegram. 


(MMI)