Jobplanet Ingin Bantu Calon Pekerja Car Perusahaan Idaman

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Jumat, 18 Dec 2015 07:03 WIB
internet
Jobplanet Ingin Bantu Calon Pekerja Car Perusahaan Idaman
Kemas Antonius, Chief Product Officer, Jobplanet Indonesia & Kinam Kim, Regional Director Jobplanet,

Metrotvnews.com: Masalah pengangguran merupakan salah satu masalah terbesar yang ada di Indonesia. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), di bulan Agustus 2015, angkatan kerja Indonesia mencapai angka 122,4 juta orang. Sementara yang berhasil mendapatkan pekerjaan hanyalah sebanyak 114,8 juta.

Dengan kata lain, terdapat sekitar 6 persen atau 7,6 juta orang yang menganggur. Hal inilah yang mendorong munculnya Jobplanet.

Pada dasarnya, Jobplanet merupakan sebuah platform komunitas yang menjadi wadah untuk berbagi informasi seputar dunia kerja. Di sini, Anda bahkan dapat menemukan review sebuah perusahaan. Review ini terdiri dari budaya dan suasana kerja sebuah perusahaan, informasi gaji hingga kisi-kisi pertanyaan saat wawancara.

"Sekarang ini, informasi mengenai seluk-beluk perusahaan masih sangat sulit didapatkan oleh pencari kerja, terutama informasi mengenai gaji, yang dianggap kurang pantas untuk dibicarakan," kata Kemas Antonius, Chief Product Officer, Jobplanet di Indonesia.

"Hal inilah yang dapat menyebabkan pencari kerja salah mengambil langkan dalam negoisasi gaji atau bahkan gagal dalam tes wawancara."



Dengan menawarkan kisi-kisi pertanyaan wawancara, Jobplanet berharap para calon kerja tidak lagi gagal menjawab saat dihadapi dengan pertanyaan yang menjebak. Selain itu, mereka juga berharap para calon pekerja dapat memilih perusahaan yang memang sesuai dengan keinginan mereka dan dapat mendapatkan informasi yang akurat mengenai gaji.

Pihak Jobplanet menjelaskan, dengan keberadaan Jobplanet, perusahaan juga dapat diuntungkan karena mereka dapat mengetahui kualitas dan tingkat kepuasan karyawan mereka.

Jobplanet mulai beroperasi di Indonesia sejak bulan Agustus lalu. Pada awal Desember, Jobplanet telah berhasil mendapatkan 200.000 anggota dan mengumpulkan 80.000 review yang membahas tentang gaji, kisi-kisi pertanyaan dan juga membahas tentang perusahaan. 

Sebelum ini, Jobplanet pernah merilis sebuah daftar berisi 10 perusahaan idaman tempat bekerja. Untuk tahu lebih lanjut, Anda dapat membacanya di sini.


(MMI)