Berhasil Capai Target Pajak, Tapi Darmin Gagal Terapkan Ini di DJP

Suci Sedya Utami    •    Jumat, 18 Dec 2015 07:56 WIB
pajakpenerimaan negara bukan pajak
Berhasil Capai Target Pajak, Tapi Darmin Gagal Terapkan Ini di DJP
Menko Perekonomian Darmin Nasution saat diskusi bersama media. (FOTO: MTVN/Suci Sedya Utami)

Metrotvnews.com, Jakarta: Terakhir kali target pajak terlampaui yakni pada 2008 ketika Ditjen Pajak dipimpin Darmin Nasution dengan penerapan sunset policy. Setelah tahun itu, gagal mencapai angka yang telah dipatok.

Darmin yang saat ini menjabat sebagai Menko Perekonomian pun mengakui berhasil dengan baik membawa institusi penerimaan itu mencapai target. Namun demikian, meski telah berhasil lampaui target, ada satu hal yang tidak berhasil dilakukan dirinya.

"Saya enggak bisa membuat sistem IT untuk pemeriksaan. Karena yang membuat pajak bermasalah selama ini adalah pemeriksaan," kata Darmin, dalam sebuah forum diskusi di Hotel Aryaduta Karawaci, Jakarta Pusat, Kamis (17/12/2015) malam.

Darmin mengatakan, ketika dia menjabat sebagai Dirjen Pajak, ia telah menugaskan pada para bawahannya untuk membuat sebuah sistem pengelola informasi pemeriksaan tersebut. Namun, hingga dirinya keluar dan sampai sekarang sistem tersebut tak pernah ada.

Dia menjelaskan dengan sistem tersebut tentu bisa diketahui kebenaran melalui laporan yang sebenarnya dalam pemeriksaan. Menurut dia, ada permainan yang dimainkan oleh pihak internal sehingga potensi pajak tidak dapat tergali.

"Misalnya dia periksa wajib pajak, lalu wajib pajaknya digertak bahwa mereka bayar pajak kurang Rp13 miliar, yah namanya baru digertak saja sudah gemetar. Akhirnya di situ jadi alat lobi, bisa nih Pak jadi Rp1 miliar saja, tapi saya juga dibagi ya Rp2 miliar. Rusak itu. Saya juga enggak tahu bagaimana cara kerja yang di bawah," ujar Darmin.

"Seharusnya sistemnya di-lock. Sistem harus mengelola informasi, nah yang masuk ke laporannya itu di-lock lagi. Itu sampai sekarang enggak pernah ada. Harusnya itu yang dikerjakan," jelas dia.


(AHL)

Miryam Akui Mengarang Isi BAP Perkara KTP-el

Miryam Akui Mengarang Isi BAP Perkara KTP-el

17 hours Ago

Politikus Hanura Miryam S Haryani mengaku mencabut seluruh isi Berita Acara Pemeriksaan (BAP) d…

BERITA LAINNYA