Menteri ESDM Resmikan 3 Fasilitas Terminal BBM AKR Corporindo

Dian Ihsan Siregar    •    Jumat, 18 Dec 2015 10:13 WIB
akr corpindo
Menteri ESDM Resmikan 3 Fasilitas Terminal BBM AKR Corporindo
Menteri ESDM Sudirman Said. ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri ESDM Sudirman Said telah meresmikan tiga fasilitas Terminal BBM baru milik PT AKR Corporindo Tbk (AKRA) yang berlokasi di daerah Bitung, Sulawesi Utara, Palaran, Kalimantan Timur, dan Gabion, Medan.

Selain meresmikan tiga terminal BBM, Sudirman juga meresmikan perluasan kapasitas dua terminal baru AKR yang berlokasi di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, dan Pontianak, Kalimantan Barat. Kapasitas tangki BBM AKR Corporindo kini naik menjadi 656.000 kiloliter (kl).

"Dana investasi untuk tiga ‎terminal BBM baru dan perluasan dua kapasitas terminal baru sebanyak Rp1,031 triliun," ucap Presiden Direktur AKR Corporindo Haryanto Adikoesoemo, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (18/12/2015).

Menurut Haryanto, pasar Indonesia Timur memiliki potensi yang signifikan seiring dengan fokus Pemerintah Pusat untuk mempromosikan pertumbuhan ekonomi di luar pulau Jawa.

"Group AKR telah melihat peluang perihal kebutuhan impor dan distribusi di Indonesia bagian Timur, sehingga memutuskan untuk melakukan investasi yang signifikan untuk melayani kawasan tersebut," jelas dia.

Selama lima dekade terakhir, perseroan telah berinvestasi di fasilitas penyimpanan massal dan fasilitas logistik infrastruktur untuk mendukung usaha distribusi dan perdagangan, sehingga dapat memberikan nilai tambah terhadap pelanggan industri maupun ritel diseluruh wilayah Indonesia.

Sudirman mengapresiasi penuh ‎AKR Corporindo yang memperluas penyaluran BBM di Indonesia Timur. Dengan telah diresmikan dan dimanfaatkannya terminal BBM ini, AKR Corporindo berarti telah memberikan kontribusi kepada pemerintah dengan membuka kesempatan kerja.

"Selain itu, langkah ini bisa memperkuat dalam penyediaan dan pendistribusian bahan bakar minyak di dalam negeri, khususnya di wilayah Indonesia Timur," sebut Sudirman.

Terminal BBM baru di Bitung ini memiliki kapasitas penyimpanan sebesar 30.500 KL, ditambah terminal BBM di Palaran memiliki kapasitas 15.000 KL dan untuk terminal BBM di Medan 15.000 KL.

Sedangkan untuk perluasan terminal BBM di Pontianak 19.500 KL dan Banjarmasin 10.000 KL. Dengan peningkatan kapasitas di masing-masing terminal BBM akan meningkatkan kapasitas penyimpanan AKRA total menjadi 656.000 KL yang tersebar di 15 lokasi di seluruh Indonesia.


(AHL)