Ojek Online

Presiden RI, Joko Widodo Tak Sepakat Ojek Online Dilarang

Ekawan Raharja    •    Jumat, 18 Dec 2015 11:35 WIB
ojek online
Presiden RI, Joko Widodo Tak Sepakat Ojek Online Dilarang
Saat ini layanan ojek online dilarang oleh pemerintah. Doc MTVN

Metrotvnews.com, Bogor: Pemerintah baru saja membuat peraturan larangan akan ojek online. Peraturan tersebut nyatanya mendapatkan beragam reaksi dari berbagai golongan, termasuk Presiden Indonesia.

Joko Widodo (Jokowi), Presiden Indonesia, berkomentar bahwa layanan ojek masih dibutuhkan oleh masyarakat. Pria asal Solo ini juga berujar bahwa jangan sampai inovasi dan kreativitas anak bangsa terkekang dengan adanya peraturan tersebut.

"Ojek, Go-Jek, dan lain-lain itu hadir karena dibutuhkan masyarakat. Jangan sampai karena adanya sebuah aturan, ada yang dirugikan, ada yang menderita," terang Jokowi pada Jumat, 18 Desember, di Bogor.

Jokowi pun rencananya akan memanggil Menteri Peruhubungan, Ignasius Jonan, untuk membahas mengenai peraturan tersebut. Dia berharap nantinya Dinas Perhubungan dan Menteri Perhubungan dapat memberi pembinaan dan menanta (layanan ojek) sehingga keselamatan penumpang terjaga.

Kementerian Perhubungan secara resmi melarang layanan transportasi berbasis aplikasi di Indonesia. Larangan tersebut tertuang dalam Surat Pemberitahuan Nomor UM.3012/1/21/Phb/2015 yang ditandatangani oleh Menteri Perhubungan, Ignasius Jonan, tertanggal 9 November 2015.
 
Surat pemberitahuan tersebut juga ditujukan untuk Korps Lalu Lintas Polri serta para kapolda dan gubernur di seluruh Indonesia.
 
Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Djoko Sasono, mengatakan bahwa pengoperasian ojek dan taksi sejenis Uber tidak memenuhi ketentuan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, serta Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2014 tentang Angkutan Jalan.

"Apapun namanya, pengoperasian sejenis Go-Jek, Go-Box, Grab Bike, Grab Car, Blue Jek, Lady-Jek, dilarang," pungkas dia.


(UDA)

Nasib Praperadilan Novanto

Nasib Praperadilan Novanto

1 hour Ago

Secara materil gugatan praperadilan Novanto gugur sebagaimana disebutkan dalam Pasal 82 Ayat 1 …

BERITA LAINNYA