Janji Akom Jika Jadi Ketua DPR

M Rodhi Aulia    •    Jumat, 18 Dec 2015 14:45 WIB
pengganti setya novanto
Janji Akom Jika Jadi Ketua DPR
Aburizal Bakrie memberikan potongan tumpeng kepada Ade Komaruddin disaksikan Setya Novanto, Kamis 4 Juni 2015. Antara Foto/M. Agung Rajasa

Metrotvnews.com, Jakarta: Partai Golkar menunjuk Ade Komaruddin (Akom) menjadi calon ketua DPR. Akom berjanji mengubah kinerja Parlemen secara signifikan, terutama terkait lagislasi.

Dia sadar, selama ini target legislasi selalu tidak tercapai. Meningkatkan pengesahan undang-undang salah satu tantangan Akom jika terpilih jadi pimpinan Dewan.

Akom juga akan mengubah gaya anggota Dewan dalam mengawasi kinerja eksekutif. Menurut dia, kritik terhadap eksekutif harus bersifat membangun, bukan malah sebaliknya.

"Menyalahkan itu lebih gampang dibanding mencari solusi. Kami akan arahkan bagaimana pengawasan lebih konstruktif, memberikan solusi," kata Akom di Kompleks Parlemen, Jakarta Pusat, Jumat (18/12/2015).

Dia juga akan menjaga komunikasi yang baik dengan para pimpinan fraksi. Hubungan yang baik pimpinan Parlemen dengan pimpinan fraksi akan memudahkan penyelesaian tugas Dewan karena pimpinan fraksi yang berkomunikasi langsung dengan anggota.

Akom juga bertekad mengurangi kunjungan kerja anggota DPR ke luar negeri. Bagi Akom, kunjungan kerja ke luar negeri adalah pemborosan anggaran dan membuang-buang waktu.

"Kami akan bikin kesepakatan baru dengan pimpinan fraksi. Parlemen tergantung pimpinan fraksi. Pimpinan fraksi sebagai perpanjangan partai tergantung pimpinan partai," kata Akom.

Akom akan ditetapkan sebagai ketua DPR setelah reses, awal Januari 2016. "Kalau sudah ditetapkan, saya akan roadshow ke seluruh ketua umum parpol bersama pimpinan dewan dan pimpinan fraksi untuk menjalankan agenda perubahan," ujarnya.

Golkar menunjuk Akom setelah Setya Novanto mengundurkan diri dari jabatan Ketua DPR, Rabu 16 Desember. Novanto mundur lantaran melanggar kode etik terkait pertemuannya dengan Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Maroef Sjamsoeddin.


(TRK)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

4 days Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA