Beda Diabetes Tipe Satu dan Dua

   •    Jumat, 18 Dec 2015 20:37 WIB
diabetes
Beda Diabetes Tipe Satu dan Dua
Ilustrasi diabetes (Foto: Holistichealthliving)

Metrotvnews.com, Los Angeles: Penyakit diabetes dibedakan menjadi dua yaitu, diabetes tipe satu dan diabetes tipe dua. Masih ada beberapa orang yang sulit membedakan keduanya. 

Diabetes tipe dua lebih sering diidap kebanyakan orang. Buktinya, dari sekitar 29 juta orang Amerika yang menderita diabetes, hanya sekitar 1,25 juta yang mengidap diabetes tipe satu. 

Menurut ahli diabetes, Gary Scheiner, keduanya punya perbedaan yang begitu besar. Kesamaannya hanyalah ketidakmampuan dalam mengontrol kadar gula darah. Berikut perbedaan dari keduanya yang perlu Anda ketahui.


1. Diabetes tipe satu adalah penyakit autoimun
Diabetes muncul ketika terjadi masalah pada insulin di tubuh. Pada diabetes tipe satu Anda tidak menghasilkan insulin sama sekali. Ini karenakan autoimun Anda menyerang sistem kekebalan tubuh dan sel pembuat insuli di pankreas. 

Sedangkan diabetes tipe dua masih menghasilkan insulin. Sayangnya, hasilnya tidak cukup sehingga insulin tidak dapat bekerja optimal. 

2. Pasien diabetes tipe satu wajib berobat insulin
Karena tidak membuat insulin, pasien diabetes tipe satu wajib melakukan suntik insulin setiap hari. Tanpa itu, si pasien bisa meninggal. Berbeda dengan diabetes tipe dua yang memiliki pengobatan yang beragam. Contohnya seperti rajin olahraga, memantau asupan makanan dan menurunkan berat badan dapat menurunkan kadar gula darah juga memproduksi insulin lebih banyak. 

3. Gula darah pada diabetes tipe satu lebih berbahaya
Gula darah tinggi memang berbahaya, tapi gula darah rendah pada pasien diabetes tipe satu jauh lebih parah. Sebab ini bisa mengakibatkan Anda lemah, pusing, berkeringat dan tidak seimbang. Dalam kondisi yang parah bahkan dapat mengancam nyawa Anda. 

Apabila Anda merasakan gejala gula darah rendah segera minum segelas jus, makan permen  dan minum obat yang mengandung glukosa. Cara ini dapat meningkatkan kadar gula darah Anda kembali. 

4. Makanan manis lebih berisiko pada diabetes tipe dua
Pasien diabetes tipe satu lebih bebas memilih makanan apapun untuk dikonsumsinya asalkan cocok dengan dosis insulin. Sedangkan diabetes tipe dua perlu hati-hati soal makanan. Hal yang terpenting pengidap diabetes tipe dua harus menghindari makanan apapun yang mengandung banyak gula alias manis. 

5. Diabetes tipe satu biasanya menyerang anak-anak
Mayoritas pasien diabetes tipe satu adalah anak-anak. Sedangkan diabetes tipe dua umumnya muncul saat usia di atas 40 tahun. 

Sebagai informasi, kedua diabetes tersebut dapat menyebabkan beragam masalah komplikasi serius, seperti kebutaan, amputasi dan gagal ginjal. Oleh karena itu, bagi Anda yang mengidap penyakit tersebut harus menjalani kehidupan yang sehat dengan rajin minum obat, makan dengan baik, dan memantau kadar gula darah Anda agar terhindar dari komplikasi. (Sumarni/ Prevention)


(ELG)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

1 week Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA