Menteri Siti Nurbaya: Kebijakan Investasi Negara Harus Transparan

Ilham wibowo    •    Jumat, 18 Dec 2015 21:18 WIB
kebijakan pemerintah
Menteri Siti Nurbaya: Kebijakan Investasi Negara Harus Transparan
Sebuah pertemuan yang dihadiri Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Siti Nurbaya. (Foto: Metrotvnews.com/Ilham Wibowo)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya mengatakan, pertemuan di Paris banyak membahas terkait transparansi. Hasilnya disepakati, keputusan pembuatan kebijakan suatu negara harus dilakukan secara terbuka.

"Bagaimana pengambilan keputusan atas rencana suatu negara harus secara terbuka," tutur Siti, di Hotel Grand Sahid, Jakarta Pusat, Jumat (18/12/2015)

Siti menjelaskan, kebijakan yang dilakukan secara terbuka tersebut merupakan kesepakatan menanggulangi perubahan iklim dunia. Termasuk tata cara menangani kebijakan pun harus saling diketahui bersama negara lain.

"Kita punya investasi besar di masa yang akan datang, banyak DAM banyak tol, banyak listrik. Kebijakan kita harus terbuka," jelasnya.

Selain transparansi, metode pengukuran dalam sebuah perencanaan kebijakan investasi pembangunan juga dianggap penting. Siti mengatakan, melihat satu persoalan tersebut perlu dikonsolidasikan dengan metode MRV (Measurement, Reporting, Verification).

"Di Indonesia metodenya masih banyak. Ada dari UI, ITB dari Bapenas, dari Kemen LHK. Nanti ini seluruhnya harus dikonsolidasikan," ucapnya.



(MEL)

Kasus KTP-El, Anggota DPR Markus Nari Ditahan KPK

Kasus KTP-El, Anggota DPR Markus Nari Ditahan KPK

2 weeks Ago

Jakarta: KPK menahan anggota DPR dari Fraksi Golkar Markus Nari, Senin, 1 April 2019. Markus me…

BERITA LAINNYA