Pansus Pelindo II Apresiasi Penetapan RJ Lino Sebagai Tersangka

Damar Iradat    •    Jumat, 18 Dec 2015 21:54 WIB
pelindo ii
Pansus Pelindo II Apresiasi Penetapan RJ Lino Sebagai Tersangka

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Direktur Utama PT Pelindo II RJ Lino sebagai tersangka dugaan tindak pidana korupsi. Penetapan RJ Lino sebagai tersangka diapresiasi Anggota Panitia Khusus Pelindo II DPR, Taufiqulhadi.

Menurut politikus Fraksi NasDem tersebut, penetapan RJ Lino sebagai tersangka kasus pengadaan Quay Container Crane merupakan titik terang dalam penegakan hukum. Ia menilai tidak ada orang yang kebal hukum di Indonesia.

"Kami melihat itu sebagai upaya penegakan hukum. Tidak ada di Indonesia seseorang berada yang ada di atas hukum," jelas Taufiqulhadi melansir Antara, Jumat (18/12/2015).

Anggota Komisi III DPR RI itu juga menyerahkan segala proses hukum kepada KPK. "Kalau memang ini sudah cukup bukti itu menjadi kewajiban penegak hukum," paparnya.

Sebelumnya diketahui penetapan tersangka RJ Lino dilakukan setelah penyidik menemukan dua alat bukti yang cukup.

"KPK telah menemukan dua alat bukti yang cukup untuk meningkatkan dan menetapkan RJL sebagai tersangka," kata Pelaksana Harian Kepala Bagian Humas KPK, Yuyuk Andriati dalam konferensi pers di Gedung KPK, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta selatan, Jumat (18/12/2015).

Menurut Yuyuk, Lino diduga telah melakukan pelawanan hukum dan menyalahgunakan wewenangnya untuk memperkaya diri sendiri dan korporasi dengan memerintahkan tiga unit Quay Container Crane di Pelindo II.

Atas perbuatannya itu, RJ Lino disangka melanggar Pasal 2 Ayat (1) dan atau Pasal 3 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.


(MEL)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

5 days Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA