Wadah Pegawai KPK Bakal Kawal Kinerja Pimpinan KPK Terpilih

Achmad Zulfikar Fazli    •    Jumat, 18 Dec 2015 22:22 WIB
kpk
Wadah Pegawai KPK Bakal Kawal Kinerja Pimpinan KPK Terpilih
Logo Komisi Pemberantasan Korupsi. (Foto: MI/Rommy Pujianto)

Metrotvnews.com, Jakarta: Lima pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah terpilih. Tak ada satupun pimpinan KPK lama, seperti Busyro Muqoddas dan Johan Budi SP yang terpilih kembali.

Ketua Wadah Pegawai KPK, Faisal Asegaf, menilai setiap terpilihnya pimpinan KPK baru pasti selalu menimbulkan polemik di publik. Namun kata dia, hal tersebut tidak dapat dihindari lagi lantaran pimpinan lembaga antikorupsi ini memang dipilih oleh DPR yang kental akan nuansa politis.

"Bagaimanapun pimpinan baru KPK sudah terpilih. Kami, pegawai KPK tetap akan mengawal," kata Faisal saat dihubungi, Jumat (18/12/2015).

Pegawai KPK kata dia, sebenarnya berharap adanya satu atau dua orang yang berasal dari KPK seperti Johan Budi dan Busyro Muqoddas dapat terpilih kembali. Menurut pandangannya, KPK membutuhkan pemimpin yang memahami seluk beluk organisasi terutama manajemen SDM dari lembaga antikorupsi ini.

Karena itu, ia pun berjanji bakal mengawal kinerja dari pimpinan KPK terpilih agar dapat menjalankan program pemberantasan korupsi dengan baik.

"Kecewa tentu ada, tapi itulah pilihan DPR. Kami tetap akan kawal dan kritis," tandas dia.

Komisi III telah menetapkan lima pimpinan KPK terpilih periode 2015-2019. Pemilihan ini dilakukan melalui sisten voting. Lima pimpinan KPK terpilih yakni, Agus Rahardjo, Basaria Pandjaitan, Alexander Marwata, Laode Muhamad Syarif, dan Saut Situmorang.

Dalam proses voting juga, Komisi bidang Hukum ini menetapkan Agus Rahardjo sebagai ketua KPK jili IV.


(MEL)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

1 week Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA