Van Gaal Yakin Nasibnya Tidak Akan Seperti Mourinho

Achmad Firdaus    •    Jumat, 18 Dec 2015 22:53 WIB
liga inggris
Van Gaal Yakin Nasibnya Tidak Akan Seperti Mourinho
Louis van Gaal (Foto: AFP PHOTO / IKIMAGES)

Metrotvnews.com, Manchester: Pemecatan Jose Mourinho dari kursi pelatih Chelsea menjadi isyarat bahwa Liga Primer Inggris merupakan liga yang kejam. Tak ada garansi seorang pelatih sukses bisa terus mempertahankan posisinya di klub.

Sembilan kekalahan yang dialami Chelsea dari 16 laga musim ini akhirnya membuat Mou terlempar dari kursi pelatih untuk kali kedua. Dia didepak lantaran Chelsea terpuruk di posisi 16 klasemen, atau hanya unggul satu poin dari Norwich City yang menempati zona degradasi.

Ketidakharmonisan hubungan antara Mourinho dengan sejumlah pemain Chelsea juga menjadi faktor lain yang mendorong pemilik klub Roman Abramovich memecat pelatih berjuluk The Special One itu.

Mourinho diyakini bukan pelatih top terakhir yang dipecat pada musim ini. Pelatih Manchester United, Louis van Gaal disebut-sebut berpotensi mengikuti jejak Mourinho lantaran gagal membuat United tampil konsisten.

Saat ini United memang masih bertengger di posisi empat besar. Namun, dalam beberapa pekan terakhir meneer asal Belanda itu mendapat tekanan cukup hebat lantaran gagal membawa timnya tampil oke. Van Gaal gagal memberikan kemenangan dalam lima pertandingan terakhir United. Parahnya lagi, rentetan hasil buruk tersebut berdampak pada tersingkirnya United dari panggung Liga Champions.

Gaya permainan United saat ini (dinilai terlalu bertahan) dan metode pendekatannya dengan para pemain pun dikritik. Bahkan, isu yang berkembang belakangan ini, suasana ruang ganti United juga mulai "panas". Van Gaal dikabarkan mulai tidak harmonis dengan para penggawa senior United.

Menanggapi hal ini, Van Gaal meyakini nasibnya tidak akan sama dengan Mourinho. Ia juga menegaskan bahwa hubungannya dengan para pemain dan petinggi klub masih cukup harmonis.

"Ya, semuanya (hubungan dengan pemain) baik-baik saja. Sudah lebih dari satu kali saya mengatakan hal ini. Saya kira, tuduhan itu (ada keretakan di ruang ganti MU) sedikit gila, tapi beginilah dunia," ujar Van Gaal.

"Saya masih percaya penuh pada dewan klub dan juga para pemain. Tapi, kami harus segera mendapatkan hasil bagus. Kami harus menang, dan kami semua, pemain dan staff tahu itu. Sebab jika kami terlalu banyak menelan kekalahan, maka, karier saya akan tamat," lanjutnya.

Akhir pekan ini, United akan melakoni laga kandang melawan tim penghuni zona degradasi, Norwich City. Kegagalan meraih kemenangan di laga ini bisa jadi bakal membuat posisi Van Gaal semakin terpojok. Apalagi, media-media Inggris juga mulai ramai mengabarkan bahwa manajemen United tertarik untuk merekrut Mourinho. (talkSport)



(ACF)