Publik Diminta Terus Kawal Kasus 'Papa Minta Saham'

Damar Iradat    •    Jumat, 18 Dec 2015 23:06 WIB
pencatut nama presiden
Publik Diminta Terus Kawal Kasus 'Papa Minta Saham'

Metrotvnews.com, Jakarta: Mundurnya Setya Novanto dari posisinya sebagai ketua DPR tidak boleh menghentikan kasus rekaman percakapan 'Papa Minta Saham' dan dugaan pemufakatan jahat.

Salah seorang yang perlu juga dipanggil yakni taipan minyak, Muhammad Riza Chalid, sosok yang juga ada dalam rekaman percakapan antara Setya, Riza, dan Dirut PT Freeport Indonesia, Maroef Sjamsoeddin.

Peneliti Soegeng Sarjadi Syndicate (SSS), Ari Nurcahyo, mengingatkan agar publik tidak melupakan Chalid. Ia dikenal sebagai pengusaha yang memiliki jaringan luas. Riza sendiri telah lebih dari sepekan kabarnya berada di luar negeri. Berbagai spekulasi akhirnya berkembang.

"Mundurnya Setya Novanto kan atas desakan publik, tetapi publik juga jangan lupa pemain besarnya yang mungkin salah satunya Riza Chalid. Bahkan MKD pun tidak mampu mendatangkannya," kata Nurcahyo melansir Antara, Jumat (18/12/2015).

Menurut dia, bisnis PT Freepot Indonesia sangat besar dan di belakangnya kemungkinan ada pemain-pemain besar. PT Freeport Indonesia merupakan anak perusahaan Freeport McMoran Copper and Mining, yang berkantor pusat di Phoenix, Arizona, Amerika Serikat.

"Banyak pemain-pemain besar dalam politik papa minta saham. Riza mungkin dihubung-hubungkan dengan mafia. Mafia itu bukan hanya satu aktor saja tetapi banyak aktor-aktor lainnya karena mereka melakukan persekongkolan," katanya.

Sementara itu, pihak Kejaksaan Agung masih terus menyelidiki keberadaan bandar minyak itu untuk segera diperiksa.

"Kita melakukan penyelidikan tentang keberadaan Riza, dan nantinya kita akan panggil secara layak dan kita harapkan ia datang," ucap Jaksa Agung HM Prasetyo di gedung Badan Diklat Kejagung RI, Jalan RM Harsono, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Jumat (18/12/2015).

Prasetyo mengungkap, hingga kini jajaran jaksa belum mendapat informasi pasti dimana keberadaan dari mandor minyak itu. Dia mengaku, hanya mengetahui bahwa Riza sudah berada di luar negeri.


(MEL)