KPU Gunungkidul Punya Taman Edukasi Pemilu

Ahmad Mustaqim    •    Jumat, 18 Dec 2015 23:31 WIB
pilkada serentak
KPU Gunungkidul Punya Taman Edukasi Pemilu
Sejumlah pengunjung saat melihat taman pemilu di Kantor KPU Kabupaten Gunungkidul. Foto: Metrotvnews.com/Ahmad Mustaqim

Metrotvnews.com, Yogyakarta: KPU Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, kini memiliki taman edukasi pemilihan umum (Pemilu). Taman yang berada di dalam kantor itu telah diresmikan Kamis, 17 Desember.

Ketua KPU Kabupaten Gunungkidul, Zainuri Ikhsan, menjelaskan taman itu berisi muatan edukasi terkait data pemilu, khususnya yang ada di kabupaten Gunungkidul. Menurutnya, taman tersebut bisa menjadi pusat kajian bagi pelajar, mahasiswa, ataupun masyarakat umum untuk mendapatkan informasi mengenai pemilu di Gunungkidul.

"(Taman) ini juga untuk memberikan edukasi kepada masyarakat, terutama pemilih pemula agar tidak apatis terhadap proses demokrasi," kata Zainuri, Jumat (18/12/2015).

Zainuri menjelaskan taman pemilu yang berada di KPU Gunungkidul juga dilengkapi maket suasana pemungutan suara. Baginya, suasana tersebut bisa membantu orang yang melihat untuk mengetahui bagaimana proses berjalannya pemilu.

"Ke depan kami akan membukukan data, seperti perolehan suara Pemilu sejak 1955 sampai 2015. Baik itu pemilu legislatif, pemilu presiden, dan pemilihan kepala daerah," kata dia.

Untuk membuat taman Edukasi itu, KPU Kabupaten Gunungkidul menggelontorkan Rp80 juta. Dana tersebut sebagian dipakai untuk tiga kegiatan lain, termasuk Training of Trainer untuk Duta Demokrasi Desa. 

"Saat ini (isi taman) baru ada poster dinding, maket, sejarah pemilu, dan sejumlah data," kata Komisioner KPU Kabupaten Gunungkidul Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, dan Humas, Yudha Ayu Mindarsih.


(UWA)