On This Day: Gol Pertama Eric Cantona Lahir di Stamford Bridge

Kautsar Halim    •    Sabtu, 19 Dec 2015 07:01 WIB
liga inggrispada hari ini
On This Day: Gol Pertama Eric Cantona Lahir di Stamford Bridge
Mantan penyerang Manchester United Eric Cantona. (AFP PHOTO/ TIZIANA FABI)

Metrotvnews.com, Jakarta: Predikat Eric Cantona sebagai legenda Manchester United tentu tidak perlu diragukan lagi. Namun, siapa sangka jika pembuktian pertamanya untuk Setan Merah baru tercipta ketika menghadapi klub raksasa sekelas Chelsea. Padahal, debut perdananya sempat dilalui dengan laga yang lebih mudah. 

Cantona diboyong MU dari Leeds United pada 1992 silam. Debut perdananya tercipta ketika Manchester United melakoni laga persahabatan kontra Benfica. Saat itu, permainannya terbukti belum terlalu mencolok baik secara individu maupun kerjasama tim.

Namun, berselang tiga laga kemudian atau ketika menghadapi Chelsea pada 19 Desember 1992, gol yang ditunggu-tunggu itu akhirnya tercipta juga. Golnya saat itu cukup berarti besar karena berhasil menyelamatkan United dari kekalahan. Setan Merah akhirnya berhasil menahan imbang Chelsea, 1-1, meski harus bertandang ke Stadion Stamford Bridge.

Performa apik mantan pemain yang saat ini berusia 49 tahun itu, langsung menanjak setelah mencetak gol perdana. Ia berhasil mencetak gol kedua ketika membantu United menahan imbang Sheffield Wednesday, 3-3, dalam laga Boxing Day. Golnya saat itu memang sangat dibutuhkan, karena United sempat tertinggal 3-0 pada babak pertama.

Seiring berjalannya waktu, prestasi Cantona pun makin apik bersama United. Terlebih, setelah ia berhasil mengenakan nomor punggung tujuh. Dalam lima tahun petualangannya di Old Trafford (1992--1997), Cantona berhasil mengoleksi 64 gol dari 143 kali penampilan. Catatan itu sekaligus juga membuat United merebut empat gelar Liga Primer Inggris, dua gelar Piala Liga dan sepasang gelar Piala FA. 

Sayang, prestasi tersebut sering ternoda oleh kabar miring. Mantan pemain yang saat ini berprofesi sebagai aktor itu, juga dikenal sebagai pribadi yang tempramental dan memiliki sifat kurang disiplin. Terburuk, Cantona pernah dilarang bermain selama delapan bulan karena melancarkan tendangan 'kung-fu' kepada seorang suporter dalam sebuah pertandingan. (berbagai sumber)


(KAU)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA