Bank Mandiri Terima Pinjaman USD880 Juta dari CDB

Gervin Nathaniel Purba    •    Sabtu, 19 Dec 2015 08:28 WIB
bank mandiri
Bank Mandiri Terima Pinjaman USD880 Juta dari CDB
Ilustrasi Bank Mandiri -- FOTO: MI/ANGGA YUNIAR

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) sudah menerima dana pinjaman dari China Development Bank (CDB) sebesar USD880 juta atau sekitar Rp12,3 triliun (kurs Rp14.000/USD).

Corporate Secretary Bank Mandiri Rohan Hafas mengakui dana pinjaman dari CDB tersebut sudah masuk ke kas Bank Mandiri. Nantinya, dana pinjaman itu akan digunakan untuk pendanaan infrastruktur di Tanah Air.

"USD880 juta penarikan loan facilities secara ekuivalen dari CDB sudah cair digunakan untuk proyek infrastruktur," ujar Rohan, saat ditemui di Plaza Mandiri, Jakarta, Jumat 18 Desember.

Namun, tambahnya, dana pinjaman dari CDB itu belum sepenuhnya didapatkan. Sebab, masih ada dana sebesar USD120 juta yang belum diambil. Lebih lanjut, sayangnya Rohan belum bisa memberikan informasi lebih rinci dana ini nantinya akan digunakan untuk membangun proyek infrastruktur yang mana.

"Total pinjamannya sebesar USD1 miliar, namun yang baru keluar sebesar USD880 juta," pungkasnya.

Untuk diketahui, tiga bank milik negara yakni Bank Mandiri, BNI, dan BRI telah menandatangani kesepakatan pinjaman senilai total USD3 miliar dengan Bank Pembangunan Tiongkok (China Development Bank/CDB), guna membiayai proyek-proyek infrastruktur di Indonesia.

Dari total pinjaman tersebut, masing-masing bank yaitu Bank Mandiri, BRI, dan BNI, menerima pinjaman sebesar USD1 miliar dengan jangka waktu 10 tahun. Selain itu, 30 persen dari dana pinjaman tersebut akan diterima dalam mata uang Renminbi (RMB).


(ABD)