Menperin Minta BI Rate Diturunkan

Gervin Nathaniel Purba    •    Sabtu, 19 Dec 2015 10:31 WIB
bi rate
Menperin Minta BI Rate Diturunkan
Menteri Perindustrian Saleh Husin (Antara/Muhammad Adimaja)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berharap Bank Indonesia (BI) dapat segera menurunkan tingkat suku bunga acuan (BI rate). Penurunan BI rate menjadi penting agar mampu mendukung pertumbuhan industri di masa-masa mendatang.

Menteri Perindustrian (Menperin) Saleh Husin menilai, turunnya suku bunga acuan oleh BI sangat penting. Apalagi, selama ini suku bunga acuan sudah berada di level  yang tinggi. Suku bunga acuan perlu diturunkan agar pelaku industri bisa mendapatkan sumber permodalan yang lebih mudah.

"Industri harus dapat bunga bank yang bersaing. Bukan artinya lebih rendah dari negara lain, tapi minimal kompetitif," ujar Saleh, saat ditemui di Kantor Kemenperin, Jakarta, Jumat 18 Desember.

Menurutnya, untuk menumbuhkan dan mengembangkan industri di Tanah Air maka idealnnya suku bunga acuan bisa turun sebanyak tiga persen. Artinya, tingkat suku bunga acuan berada di posisi 4,5 persen atau lebih rendah dari posisi sebenarnya yang ada di posisi 7,5 persen.

"Kalau dengan suku bunga acuan sekarang, bunga di bank itu bisa sampai sembilan persen lebih. Jika bisa turun sampai level enam persen sudah bagus. Yang penting kompetitif," tuturnya.

Kendati demikian, dirinya masih optimistis, tahun depan pertumbuhan industri akan lebih baik dari tahun ini. Bahkan, ia memperkirakan, pertumbuhan industri nonmigas di tahun depan bisa tumbuh sekitar 5,7 persen hingga 6,1 persen


(ABD)