Akuntabilitas Kinerja BKPM Dapat Nilai BB

Angga Bratadharma    •    Sabtu, 19 Dec 2015 12:31 WIB
bkpm
Akuntabilitas Kinerja BKPM Dapat Nilai BB
Kepala BKPM Franky Sibarani (ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf)

Metrotvnews.com, Jakarta: Laporan Akuntabilitas Kinerja Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mendapatkan nilai BB dengan skor 73,31 berarti peringkat ke-12 dari kementerian dan instansi pemerintah. BKPM akan terus mengupayakan peningkatan baik dari sisi layanan maupun capaian akuntabilitas kinerja.

Adapun empat kementerian dan lembaga yang mendapatkan peringkat A di antaranya adalah Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), serta Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Kepala BKPM Franky Sibarani menyatakan pihaknya akan berupaya untuk meningkatkan capaian dari sisi laporan akuntabilitas tersebut bisa meningkat di tahun mendatang. Berbagai macam cara akan dilakukan, salah satunya meningkatkan kinerja.

"Sekarang masih di atas rata-rata papan menengah, harapannya tahun depan bisa lebih baik dari tahun ini," ujar Franky, dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Sabtu (19/12/2015).

Kementerian Pendayaan Aparatur Negara melakukan penilaian terhadap Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) dan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) yang merupakan penerapan manajemen kinerja pada sektor publik yang sejalan dan konsisten dengan penerapan reformasi birokrasi.

SAKIP merupakan integrasi dari sistem perencanaan, sistem penganggaran, dan sistem pelaporan kinerja, yang selaras dengan pelaksanaan sistem akuntabilitas keuangan. Dalam hal ini, setiap organisasi diwajibkan mencatat dan melaporkan setiap penggunaan keuangan negara serta kesesuaiannya dengan ketentuan yang berlaku.

Franky mengaku upaya-upaya yang dilakukan dari sisi capaian layanan dinilai telah cukup optimal ditandai dengan berbagai program yang diluncurkan oleh BKPM tahun ini. Namun, Franky menyatakan siap untuk meningkatkan pencapaian tersebut.

"Selain pengumuman capaian realisasi investasi yang dilakukan di Januari, April, Juli dan Oktober. BKPM terus melakukan berbagai program untuk mendorong kemanfaatan investasi," pungkasnya.


(ABD)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

12 hours Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA