Bahayakah Rambut yang Tumbuh di Sekitar Payudara?

   •    Sabtu, 19 Dec 2015 13:17 WIB
kesehatan
Bahayakah Rambut yang Tumbuh di Sekitar Payudara?
Rambut bisa tumbuh di bagian kulit manapun termasuk payudara. (foto:glamour)

Metrotvnews.com, New York: Rambut tidak hanya tumbuh di kepala, tapi juga muncul di berbagai titik kulit lainnya. Jadi, jangan pernah panik saat daerah payudara Anda ditumbuhi beberapa helai rambut. Menurut dermatalog di New York, Lanca Brown MD, itu adalah hal yang wajar.

"Tubuh kita memiliki folikel rambut dan kelenjar minyak di seluruh, termasuk di sekitar puting, sehingga selalu ada potensi untuk pertumbuhan rambut," ujarnya.

Selain daerah puting, rambut juga dapat tumbuh di daerah dagu, telinga bahkan pusar Anda. Perlu diketahui, rambut yang tumbuh pada puting payudara umumnya muncul di luar areola. Biasanya untuk daerah pusar atau perut, rambut yang tumbuh akibat hubungan dari daerah kemaluan Anda. 

Lantas mengapa ini terjadi?

Pertumbuhan rambut tubuh akibat dari fluktuasi hormonal seperti kehamilan atau menopause dini. Obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan rambut tumbuh berlebihan seperti halnya testosteron, danazol, steroid anabolik, glukokortikoid, siklosporin, minoxidil, dan fenitoin.

Namun hati-hati apabila rambut muncul lebih banyak. Bisa jadi Anda memiliki masalah hirsutisme, kondisi yang menyebabkan rambut berlebihan, rambut tubuh kasar pada wanita. Hirsutisme bisa terjadi karena faktor genetik yang pada kasus serius dapat menyebabkan sindrom  ovarium polikistik (PCOS).

Cara mengatasinya

Pada dasarnya, pertumbuhan rambut di tubuh tidak sering menjadi indikasi masalah kesehatan yang signifikan. Akan tetapi, Apabila Anda merasa sedikit terganggu dengan rambut tersebut barulah mencukur atau waxing untuk memberantasnya. (Sumarni/ Prevention)


(LOV)