Jupiter Tak Gentar Belah Langit Yogyakarta

Patricia Vicka    •    Sabtu, 19 Dec 2015 13:53 WIB
pesawat
Jupiter Tak Gentar Belah Langit Yogyakarta
Sejumlah pesawat KT-01 Wong Bee Tim Jupiter Aerobic, melakukan manuver ketika memeriahkan kelulusan 30 penerbang di Lanud Adisucipto, Yogyakarta, Rabu (20/5). Foto: Antara/Regina Safri

Metrotvnews.com,Yogyakarta: Langit biru Yogyakarta yang cerah dan tenang mendadak riuh ribut dengan suara deru mesin pesawat. Enam Jupiter KT 1 Wong Bee muncul mendadak dari balik awan. Dengan formasi mata panah mereka menebas gumpalan awan menuju Lanud Adisucipto, Yogyakarta. 

Selama 18 menit mereka bermanuver membentuk beberapa formasi antara lain jupiter roll di mana keenamnya melaju beriringan kemudian satu persatu berputar 360 derajat secara bergantian. Tak lama kemudian dua pesawat memisahkan diri dan berputar melingkari empat pesawat lainnya kemudian bertemu berpapasan dengan posisi silang dengan kedua bagian depan pesawat seperti hendak beradu. 

Aksi menegangkan dilanjutkan dengan manuver solo spin. Pada aksi ini salah satu pesawat menusuk langit kemudian menukik tajam ke bawah dengan kecepatan tinggi tak terkendali seperti sebuah pesawat yang hendak jatuh. Sebelum menyentuh tanah pesawat itu berbelok dan terbang horizontal ke sisi timur. 

Penonton yang sedari padi memadati Lanud Adisucipto bertepuk tangan riuh menyaksikan atraksi menegangkan ini. Aksi ditutup dengan manuver heart. Simbol hati berwarna putih dari moncong Jupiter seketika timbul di Langit biru Yogyakarta. 

Niken Dewi Mandarsari, salah seorang penonton, merasa takjub dan tegang dengan atraksi Jupiter Aerobatic team ini. Wanita asli Yogyakarta ini tak menyangka bahwa Lanud Adisucipto Yogyakarta punya tim penerbang yang hebat. 

"Saya sampai merinding tadi waktu nonton pesawat menukik tajam. Bangga ternyata Indonesia punya tim penerbang yang hebat," kata mahasiswi STIE YKPN Yogyakarta ini, Sabtu (19/12/2015). 

Laurencia Astuti, 55, merasa terhibur dan senang dengan atraksi aerobatik ini. Wanita yang datang dari Cilegon ini berharap agar hiburan akrobatik ini terus diadakan setiap tahun. 

Atraksi Jupiter Aerobatic Team diadakan dalam perayaan ulang tahun ke-70 Sekolah Penerbangan Lanud Adisucipto pada Sabtu 19 Desember. Selain atraksi akrobat Jupiter, penonton yang datang di Lanud Adisucipto juga bisa melihat atraksi dari Sukhoi, Helikopter Calibri Dinamic Pegasus, dan 44 penerjun gabungan dari TNI AU, TNI AD, TNI AL, dan Kepolisian.

Beberapa pesawat koleksi TNI seperti Sukhoi dan Jupiter turut dipamerkan selama acara berlangsung. Pengunjung bisa melihat dari dekat dan berfoto di samping pesawat tersebut secara cuma-cuma. 

Perayaan hari ulang tahun ke-70 Sekbang berlangsung selama dua hari mulai Sabtu, 19 Desember, hingga Minggu, 20 Desember. Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X turut membuka perayaan HUT ini.


(UWA)

ICW: Nama Hilang di Dakwaan Setnov Karena KPK Hati-hati

ICW: Nama Hilang di Dakwaan Setnov Karena KPK Hati-hati

49 minutes Ago

Peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW) berpendapat hilangnya sejumlah nama politisi yang seb…

BERITA LAINNYA