Anggota Fraksi PDIP Minta Presiden Segera Copot Lino

Desi Angriani    •    Sabtu, 19 Dec 2015 14:01 WIB
rj lino
Anggota Fraksi PDIP Minta Presiden Segera Copot Lino
Dwi Ria Latifa-----MTVN/Farah

Metrotvnews.com, Jakarta: Partai PDI Perjuangan mendesak Presiden Joko Widodo segera mencopot Direktur Utama PT Pelindo II Richard Joost Lino dari jabatannya. Sebab, Lino sudah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus pengadaan Quay Container Crane oleh KPK.

Menurut anggota Komisi III DPR Fraksi PDIP Dwi Ria Latifa, Jokowi harus mempertimbangkan pengganti Lino.

"Apakah presiden mau mempertahankan orang bermasalah di bawah kepemimpinan beliau?," kata Ria di Warung Daun, Jalan Cikini Raya, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (19/12/2015).

Menurut Ria, tak ada alasan bagi Presiden mempertahankan posisi Lino setelah semua bukti yang dibeberkan penegak hukum. Apalagi, sidang Paripurna DPR juga telah menyetujui rekomendasi Panitia Khusus (pansus) Pelindo II untuk membuat Lino hengkang dari jabatannya.

Ria menerangkan, fraksinya berharap proses hukum buat Lino berjalan cepat. Agar ada kepastian buat Lino dan publik berhenti berasumsi.

"Supaya tidak ada lagi polemik," pungkas dia.

Richard Joost Lino resmi ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi, Jumat 18 Desember. KPK menduga Lino telah melakukan perlawanan hukum dan menyalahgunakan wewenangnya untuk memperkaya diri sendiri dan korporasi dengan memerintahkan penunjukan langsung pengadaan tiga unit Quay Container Crane di Pelindo II.

Atas perbuatannya itu, Lino disangka melanggar Pasal 2 Ayat (1) dan atau Pasal 3 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.
 


(TII)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

1 day Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA