Geledah Rumah di Sukoharjo, Densus Temukan Bahan-Bahan Diduga Peledak

Pythag Kurniati    •    Sabtu, 19 Dec 2015 23:29 WIB
teroris
Geledah Rumah di Sukoharjo, Densus Temukan Bahan-Bahan Diduga Peledak
Dari rumah ini densus mengamankan 25 jenis barang diduga bahan peledak dan buku panduan pembuatan bahan peledak pada Sabtu (19/12/2015). Foto: MTVN/Pythag Kurniati,

Metrotvnews.com, Sukoharjo: Sejumlah bahan diduga merupakan bahan peledak beserta dengan panduan pembuat bom ditemukan di rumah seorang warga di Dusun Tepang RT 03 RW 03 Desa Bulu, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

Sebelum melakukan penggeledahan di rumah tersebut, pada hari yang sama tim Densus 88 telah menangkap seorang warga bernama Budiyanto atau Abu Jundi atau Abdul Karim di Kelurahan Carikan, Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. Selanjutnya Densus melakukan penggeledahan di sebuah rumah di Desa Bulu yang diduga rumah Budiyanto atau Abu Jundi pada Sabtu, 29 Desember 2015 sore.

Kapolres Sukoharjo, AKBP Andy Rifai mengungkapkan dalam penggeledahan tersebut ditemukan dua puluh lima jenis barang. “Beberapa barang seperti urea, paku, pralon serta buku cara membuat bom. Juga ditemukan pedang, baterai dan paspor. Mengenai keterkaitan dengan jaringan teroris mana, Densus 88 yang lebih tahu,” paparnya, Sabtu (19/12/2015). Kapolres mengungkapkan penangkapan Abu Jundi merupakan tindak lanjut penangkapan dua orang terduga teroris lainnya di Tasikmalaya.

Salah seorang warga setempat, Mujiono mengatakan ada tiga bahan peledak yang juga ditanam di belakang masjid dan telah diamankan oleh Densus 88. Selama ini, ungkap Mujiono, keluarga Abu Jundi atau yang sering dikenal warga sebagai Budi memang tertutup. Budi pun sudah puluhan tahun meninggalkan rumah.

“Dia punya empat orang isteri dan anaknya 16 orang. Profesinya kami kurang tahu. Sebab sudah sangat lama yang bersangkutan tidak tinggal di rumah itu, hanya ada isteri dan anak-anaknya,” pungkas Mujiono.



(ALB)

Pengacara Sebut Dakwaan Novanto Imajinasi KPK

Pengacara Sebut Dakwaan Novanto Imajinasi KPK

46 minutes Ago

Tim kuasa hukum Novanto mempertanyakan alat bukti yang menjadi dasar pembuatan surat dakwaan.

BERITA LAINNYA