Sekitar 200 Militan ISIS Tewas Terkena Serangan Koalisi

Willy Haryono    •    Minggu, 20 Dec 2015 11:14 WIB
isis
Sekitar 200 Militan ISIS Tewas Terkena Serangan Koalisi
Pesawat jet tempur F-18E Super Hornets milik AS. (Foto: AFP / Staff Sgt. Shawn Nickel / US Air Forces Central Command)

Metrotvnews.com, Washington: Sekitar 200 anggota kelompok militan Islamic State (ISIS) tewas terkena serangan koalisi pimpinan Amerika Serikat (AS) dalam pertempuran intens di Irak pekan ini. 

Kolonel Steve Warren, yang merepresentasikan koalisi AS dalam perang melawan ISIS di Irak dan Suriah, mengatakan sekitar 500 ekstremis menyerang pasukan Kurdi Peshmerga di provinsi Nineveh pada Rabu.

Koalisi AS dari lima negara merespon dan menjatuhkan hampir 100 bom dalam suatu malam. 

"Kekuatan udara menewaskan hampir 200 dari mereka, sekitar 187," kata Warren kepada wartawan Pentagon dalam video call, seperti dilansir AFP, Sabtu (19/11/2015).

"Ini adalah hantaman telak bagi musuh. Kami belum punya data akurat seberapa banyak kerusakan yang ditimbulkan pesh (Kurdi Peshmerga) terhadap ISIS, tapi kami tahu jumlahnya juga signifikan," sambung dia.

Menurut Dewan Keamanan Regional Kurdi (KRSC), pasukan Peshmerga telah menghalau serangan ISIS di Nawaran, Bashiqa, Tal Aswad, Khazr dan Zardik. Warren mengatakan sebagian besar pertempuran terjadi di Tal Aswad. 

KSRC, yang dikepalai anak dari presiden de facto Massud Barzani, Masrour, mengatakan lebih dari 70 anggota ISIS tewas dalam serangan di Tal Aswad. Pasukan khusus Kanada turut membantu Kurdi Peshmerga dalam pertempuran tersebut.


(WIL)