Hideo Kojima: Game Jepang Sulit Tembus Pasar Global

Riandanu Madi Utomo    •    Minggu, 20 Dec 2015 12:11 WIB
games
Hideo Kojima: Game Jepang Sulit Tembus Pasar Global
Hideo Kojima (foto: PC GAMER)

Metrotvnews.com: Setelah hengkang dari Konami, Hideo Kojima sempat membeberkan bagaimana ia dan timnya berupaya keras untuk menyajikan game yang tepat di pasar game global. Bagi Kojima, membuat game untuk pasar global jauh lebih sulit ketimbang membuat game eksklusif untuk pasar Jepang.

Menurutnya, game Jepang juga sangat sulit untuk menembus pasar global.

"Game merupakan bentuk hiburan yang mengintegrasikan antara interaksi pemain dengan konten yang ada di dalamnya. Itulah yang membuat game Jepang sulit untuk menembus pasar global karena budaya Jepang sendiri sangat berbeda dengan kebanyakan budaya di dunia," ujar Kojima melalui PC GAMER.

Kojima yang baru saja membangun sebuah studio game bernama Kojima Productions juga mengatakan bahwa untuk menembus pasar global, diperlukan tim yang solid dan mengerti situasi pasar. Tim tersebut juga harus dapat menyesuaikan konten dalam game sehingga cocok untuk dinikmati oleh pasar manapun.

Tidak hanya membicarakan pasar game, Kojima juga mengatakan bahwa ia akan lebih sering bicara ke depannya. Kojima mengatakan bahwa dulu ia tidak bisa sembarangan bicara karena perkataanya dapat menjadi pernyataan bagi Konami.

Saat ini Kojima tengah berupaya membentuk tim untuk membuat game yang bekerjasama dengan Sony. Game tersebut rencananya akan keluar sebagai game eksklusif di PlayStation 4 untuk sementara waktu dan akan dirilis di PC kemudian.


(MMI)

MKD Tunda Pembahasan Nasib Novanto di DPR

MKD Tunda Pembahasan Nasib Novanto di DPR

6 hours Ago

Salah satu yang akan dibahas dalam rapat MKD itu adalah status Setya Novanto sebagai kasus koru…

BERITA LAINNYA