AS Mengaku Tak Berniat Terbang di Atas Pulau Buatan Tiongkok

Willy Haryono    •    Minggu, 20 Dec 2015 11:33 WIB
laut china selatan
AS Mengaku Tak Berniat Terbang di Atas Pulau Buatan Tiongkok
Foto dari pesawat militer Filipina memperlihatkan pulau reklamasi Tiongkok di Laut China Selatan, 11 Mei 2015. (Foto: REUTERS/Ritchie B. Tongo/Pool/Files)

Metrotvnews.com, Beijing: Amerika Serikat (AS) mengatakan dua pesawat bomber B-52 milik mereka tidak berniat terbang di atas pulau buatan Tiongkok di Laut China Selatan. 

Klarifikasi ini dilontarkan setelah Beijing menuduh Washington melakukan provokasi militer serius dan meningkatkan ketegangan di perairan sengketa. 

Juru bicara Pentagon Mark Wright mengatakan misi pada 10 Desember dilakukan bukan atas dasar "kebebasan bernavigasi" dan juga "tidak ada niat untuk terbang sekitar 12 mil laut (dari pulau buatan Tiongkok." Pernyataan ini mengindikasikan kemungkinan besar dua B-52 sedikit melenceng dari jalur.

AS kerap menggunakan alasan "kebebasan bernavigasi" dalam melakukan penerbangan di beberapa perairan negara asing. "AS secara rutin melakukan misi latihan B-52 di seluruh kawasan, termasuk Laut China Selatan," kata Wright dalam sebuah surat elektronik ke Associated Press, Sabtu (19/12/2015). 

"Misi ini didesain untuk menjaga kesiapan dan menunjukkan komitmen kami untuk terbang, berlayar dan beroperasi di mana saja di bawah hukum internasional," sambung dia.

Wright mengaku saat ini pihaknya sedang "menyelidiki masalah" terkait tudingan Tiongkok di Laut China Selatan. 

Kementerian Pertahanan Tiongkok mendesak AS segera mengambil langkah tegas untuk mencegah insiden serupa terjadi yang berpotensi merusak hubungan kedua negara.


(WIL)