Obama Singgung Star Wars di Konferensi Pers Akhir Tahun

Willy Haryono    •    Minggu, 20 Dec 2015 12:29 WIB
politik as
Obama Singgung Star Wars di Konferensi Pers Akhir Tahun
Presiden AS Barack Obama dalam konferensi pers terakhirnya di tahun 2015, 18 Desember 2015. (Foto: AFP/Nicholas Kamm)

Metrotvnews.com, Washington: Presiden Amerika Serikat Barack Obama (AS) membuka konferensi pers terakhirnya tahun ini dengan pernyataan ringan terkait Star Wars, film fiksi ilmiah yang sudah lama dinantikan penggemar di seluruh dunia.

Obama bergurau dan mengatakan konferensi pers kali ini 'dikalahkan' euforia warga AS dalam menyaksikan Star Wars.

"Sesi tanya jawab di konferensi pers ini bukan momen paling penting di Gedung Putih hari ini, karena ada screening Star Wars bagi keluarga Gold Star yang kehilangan anggota keluarganya dalam perang," ujar Obama, seperti dikutip news.yahoo.com, Sabtu (19/12/2015). 

Berbagai isu diungkapkan Obama dalam konferensi pers terakhir ini, salah satunya rencana penutupan penjara Guantanamo Bay. Ia melontarkan peringatan terakhir kadap Kongres AS terkait rencana penutupan. Jika Kongres tetap mengatakan tidak, maka Obama berencana melakukan aksi eksekutif untuk menutup penjara tersebut.

Sang Presiden juga membicarakan beragam hal lain, seperti perjanjian perdagangan dengan negara-negara Asia, reformasi sistem keadilan Negeri Paman Sam dan kelanjutan dari perang melawan Islamic State (ISIS) di Irak dan Suriah.

Sama seperti komentar pembukaan, Obama kembali menyinggung Star Wars di akhir konferensi pers. 

"Oke semuanya, saya harus pergi ke Star Wars!" tutup Obama. 


(WIL)