T50i Jatuh di Lanud Adisutjipto

Danlanud Adisutjipto: Dua Pilot Pesawat T50i Golden Eagle Gugur

Misbahol Munir    •    Minggu, 20 Dec 2015 12:36 WIB
pesawat jatuh
Danlanud Adisutjipto: Dua Pilot Pesawat T50i Golden Eagle Gugur
Ilustrasi pesawat jatuh,--Foto: Dok/Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Jakarta: Pesawat T50 jenis Golden Eagle milik TNI AU jatuh di sekitar pemukiman warga sebelah selatan Bandara Adisutjibto Yogyakarta. Komandan Pangkalan Udara (Danlanud) Adisutjipto Marsekal Pertama (Marsma) TNI Imran Baidirus mengatakan, dua awak penerbang pesawat tersebut dinyatakan gugur.

"Dua awak gugur akibat peristiwa jatuhnya pesawat T50," ujar Imran saat dikonfirmasi dalam acara Metro TV, Minggu (20/15/2015).

Dia menjelaskan, tidak ada kecelakaan yang ditimbulkan akibat jatuhnya pesawat tersebut.

"Akibat pesawat jatuh tidak ada kecelakaan yang ditumbulkan. Karena pesawat yang jatuh itu berada di sebelah timur Pangkalan Udara TNI AU Adisutjipto," tegas Imran.

Dua awak yang dinyatakan meninggal dunia yaitu, Letkol penerbang Marda dan Mayor penerbang Dwi Cahyono.

Seperti diketahui, pesawat T-50 jenis Golden Eagle milik TNI AU jatuh di sekitar pemukiman warga sebelah selatan Bandara Adisujipto Yogyakarta. Pesawat tersebut merupakan pesawat yang tengah mengikuti Atraksi Gebyar Dirgantara AAU Yogyakarta.  

Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 09.50 WIB. Warga yang tengah berada di ruang tunggu Bandara Adisutjipto kaget saat melihat pesawat yang menukik dan suara ledakan keras akibat jatuhnya pesawat tersebut.


(MBM)