Cuaca Panas Sebaiknya Konsumsi Minuman Hangat

   •    Minggu, 20 Dec 2015 12:41 WIB
kesehatan
Cuaca Panas Sebaiknya Konsumsi Minuman Hangat
Minuman hangat mengurangi risiko diabetes (Foto:Dishingpc.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Saat cuaca panas, rata-rata orang menyukai mengonsumsi minuman dingin. Namun, sebuah penelitian menyatakan sebaliknya.

Para ahli menemukan, segelas minuman hangat jauh lebih baik dikonsumsi ketika cuaca panas ketimbang menenggak air dingin.

Mengapa? Berikut ini alasannya.

1. Lebih berkeringat
Ketika cuaca terik, Anda perlu berkeringat. Dengan cara ini, tubuh akan lebih dingin. Para peneliti di University of Ottawa menemukan, minuman dingin tidak membuat atlet cukup berkeringat. Tubuh yang berkeringat dapat membakar kalori lebih banyak.

2. Kurangi risiko diabetes
Studi yang diungkapkan American Diabetes Association menyebutkan bahwa satu kaleng minuman dingin mengandung banyak gula dan karbohidrat. Setiap hari meminumnya sama saja meningkatkan risiko diabetes lebih cepat. Lain ceritanya bila Anda mengonsumsi minuman hangat yang diolah tanpa gula.

3. Berpikiran positif
Menurut peneliti di University of Colorado Boulder, seseorang yang suka mengonsumsi minuman hangat cenderung memiliki pemikiran yang positif. Ini berarti Anda akan bersifat baik hati jika minum secangkir minuman hangat.

4. Sembuhkan flu dan batuk
Minuman hangat efektif mengurangi gejala flu dan batuk. Hal ini dituturkan para peneliti di Universitas Cardiff, Inggris. Minuman hangat melepaskan senyawa mirip morfin dalam otak sehingga meredakan sakit flu dan batuk.

5. Tingkatkan metabolisme
Minuman hangat bila diminum akan merangsang pusat kesenangan di otak yang membantu Anda lebih mudah dalam menurunkan berat badan. Apalagi bila air ditambahkan lemon, maka minuman ini akan meningkatkan sistem metabolisme tubuh.

6. Terhindar dari infeksi
Minuman hangat jauh lebih sehat karena dimasak terlebih dahulu. Saat direbus, air lebih streril dan membantu memberantas lendir di sinus dan perut. Air hangat mengurangi potensi kerusakan yang mungkin disebabkan oleh bakteri dan jamur.

7. Gigi lebih sehat
Minuman dingin dalam kemasan mengandung banyak gula yang berbahaya untuk kesehatan gigi. Sifat asamnya juga dapat merusak email gigi. Sedangkan, minuman hangat punya manfaat sebaliknya. (Sumarni/Lifehack)


(ROS)