Pesawat T50i Golden Eagle Jatuh Saat Demo Solo Flight Aero

Patricia Vicka    •    Minggu, 20 Dec 2015 14:42 WIB
pesawat jatuh
Pesawat T50i Golden Eagle Jatuh Saat Demo Solo <i>Flight Aero</i>
Ilustrasi pesawat jatuh,--Foto: Dok/Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Jakarta: Pesawat T50i jenis Golden Eagle milik TNI AU jatuh di sebelah selatan Bandara Adisutjibto Yogyakarta. Peristiwa itu terjadi saat melakukan akrobatik udara pada Atraksi Gebyar Dirgantara Akademi Anggkata Udara (AAU) di Lanud Adi Sutjipto, Yogyakarta, Minggu (20/12/2015), sekitar pukul 09.53 WIB.

Komandan Pangkalan Udara (Danlanud) Adisutjipto Marsekal Pertama (Marsma) TNI Imran Baidirus mengatakan, peristiwa terjadi saat pesawat tengah melakukan demo solo flight aero. Pesawat tiba-tiba hilang kendali dan akhirnya jatuh.

"Tadi salah satu pesawat sedang demo solo flight aero, di atas pangkalan Lanud Adisutjipto," ujar Imran saat jumpa pres di Kantor Danlanud Adisutjipto, Yogyakarta, Minggu (20/12/2015).

Pihaknya belum mengetahui secara persis penyebab jatuhnya Pesawat T50i Golden Eagle tersebut. "Dugaan sementara belum bisa disimpulkan," tegas Imran.

Seorang warga yang tengah berada di ruang tunggu Bandara Adisujibto Yogyakarta Jarwadi mengatakan, pesawat tersebut terbang menukik sekali. Bersamaan dengan itu terdengar suara dentuman layaknya bom yang meledak.

"Iya benar. ketika sedang dalam ruang tunggu di Bandara Adi Sujipto, ada pesawat menukik lalu jatuh. Kemungkinan jatuh di sebelah selatan bandara di pemukiman warga," jelas Jarwadi saat dihubungi dalam acara Breaking News Metro TV, Minggu (20/12/2015).


Lokasi dan penampakan Pesawat T50i Golden Eagle yang jatuh di sekitar Lanud Adisutjipto, Yogyakarta,--Foto: Dok/Istimewa.

Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 09.50 WIB. Warga yang tengah berada di ruang tunggu Bandara Adi Sutjipto kaget saat melihat pesawat yang menukik dan suara ledakan keras akibat jatuhnya pesawat tersebut.

"Suasana sekitar bandara, warga yang ada di ruang tunggu melihat ke selatan semua. Melihat pesawat yang jatuh dibarengi ledakan keras," jelas Jarwadi.


(MBM)

2 Politikus Golkar Kirim Karangan Bunga untuk Novanto

2 Politikus Golkar Kirim Karangan Bunga untuk Novanto

1 hour Ago

Teranyar, karangan bunga datang dari dua politisi Golkar, Bambang Soesatyo dan Muhammad Misbakh…

BERITA LAINNYA