T50i Jatuh di Lanud Adisutjipto

Investigasi Jatuhnya Pesawat T50i, TNI AU Libatkan Korsel

Arga sumantri    •    Minggu, 20 Dec 2015 15:28 WIB
pesawat jatuh
Investigasi Jatuhnya Pesawat T50i, TNI AU Libatkan Korsel
Lokasi dan penampakan Pesawat T50i Golden Eagle yang jatuh di sekitar Lanud Adisutjipto, Yogyakarta,--Foto: Dok/Istimewa

Metrotvnews.com, Jakarta: TNI Angkatan Udara bergerak cepat menyelidiki musabab jatuhnya pesawat tempur latih TNI AU jenis T50i Golden Eagle. TNI AU sudah mengirim tim penyelidik kecelakaan pesawat terbang (PPKT) ke Yogyakarta.

Kepala Dinas Penerangan TNI AU, Marsekal Pertama Dwi Badarmanto menyatakan, tim investigasi diketuai langsung Wakil Kepala Staf TNI AU Marsda TNI Hadian Sumintaatmaja.

"Ada juga yang sudah bergerak ke rumah duka di Jogja dan Madiun," kata Dwi di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Minggu (20/12/2015).

TNI AU juga menyatakan bakal melibatkan pihak Korea Selatan sebagai negara pembuat pesawat. "Pasti akan kita libatkan di tim investigasi," tambah Dwi Badarmanto.

Selain tim investigasi, Kepala Staf TNI AU Marsekal TNI Agus Supriyatna juga berencana bertolak ke Yogyakarta sore ini.

Pesawat Tempur milik TNI AU jenis T50i Golden Eagle jatuh saat sedang bermanuver dalam acara Gebyar Dirgantara 2015 di Lanud Adisutjipto Yogyakarta. Peristiwa nahas itu terjadi Minggu (20/12/2015) sekitar pukul 09.50 WIB.

Pesawat tersebut merupakan pesawat tempur latih yang tergolong baru buatan Korea Selatan. TNI AU membeli satu Skadron pesawat tersebut pada 2013.

Dua penerbang pesawat tersebut dipastikan tewas. Yaitu pilot Letkol Pnb Marda Sarjono, dan co-pilot Kapten Pnb Dwi Cahyadi. Dua jenazah penerbang itu kini ada di RSPAU Hardjolukito, Lanud Adisutjipto.


(MBM)

MKD Tunda Pembahasan Nasib Novanto di DPR

MKD Tunda Pembahasan Nasib Novanto di DPR

6 hours Ago

Salah satu yang akan dibahas dalam rapat MKD itu adalah status Setya Novanto sebagai kasus koru…

BERITA LAINNYA