T50i Jatuh di Lanud Adisutjipto

Letkol Marda dan Kapten Dwi yang Gugur di Yogyakarta

Achmad Zulfikar Fazli    •    Minggu, 20 Dec 2015 15:31 WIB
pesawat jatuh
Letkol Marda dan Kapten Dwi yang Gugur di Yogyakarta
Pilot Letkol Pnb Marda Sarjono dan Kopilot Kapten Pnb Dwi Cahyadi yang gugur di Yogyakarta. Dok. Istimewa.

Metrotvnews.com, Jakarta: Pesawat tempur latih T50i jenis Golden Eagle milik TNI AU jatuh di sebelah selatan Bandara Adisutjipto Yogyakarta. Dua pilot gugur dalam kejadian ini yaitu, Pilot Letkol Pnb Marda Sarjono dan Kopilot Kapten Pnb Dwi Cahyadi.

Seperti yang dilansir website TNI AU tni-au.mil.id, Pilot Letkol Pnb Marda Sarjono diketahui sebagai Komandan Skadron Udara 15 di Lanud Iswahyudi, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, kaya pengalaman dalam membawa pesawat tempur. Pasalnya, Marda telah 15 tahun mengoperasikan pesawat tempur Hawk MK-53 milik TNI AU untuk menjaga kedaulatan RI, sebelum secara resmi digantikan oleh pesawat tempur latih T-50i Golden Eagle, pada Kamis 12 Maret 2015.

Bahkan, Marda pun tercatat sudah memiliki kurang lebih 1.000 jam terbang dengan Hawk MK-53, pada 2009. Marda yang alumnus AAU tahun 1997 ini pun merupakan pilot pertama yang mengoperasikan pesawat tempur latih T50i ke Lanud Adisutjito.

Marda pun telah berbagai kegiatan operasi dengan melakukan pesawat tempur latih T50i. Terbaru ini, Marda melakukan Operasi Lintas Maleo 2015 untuk pengamanan di wilayah Indonesia Timur dan wilayah sekitar provinsi Nusa Tenggara Barat. 

Sementara itu, Kapten Pnb Dwi Cahyadi merupakan lulusan AAU tahun 2005, sekolah penerbangan angkatan 74. Pria kelahiran Sleman, 6 Juli 1984 ini mempunyai jam terbang selama kurang lebih 46 jam dengan pesawat tempur T50i Golden Eagle. Dwi lulus sekolah penerbangan dengan kualifikasi sebagai Instruktur Pilot pesawat Hawk MK-53.

Seperti diketahui, pesawat tempur T-50 jenis Golden Eagle milik TNI AU jatuh di sekitar pemukiman warga sebelah selatan Bandara Adisujipto Yogyakarta. Pesawat tersebut merupakan pesawat yang tengah mengikuti Atraksi Gebyar Dirgantara AAU Yogyakarta.  

Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 09.50 WIB. Warga yang tengah berada di ruang tunggu Bandara Adisujipto kaget saat melihat pesawat yang menukik dan suara ledakan keras akibat jatuhnya pesawat tersebut. Dua pilot tewas dalam kejadian ini, Letkol Pnb Marda dan Kapt Pnb Dwi Cahyadi.



(AZF)

Novanto tak Bisa Gunakan Hak Imunitas DPR

Novanto tak Bisa Gunakan Hak Imunitas DPR

2 hours Ago

Kasus hukum yang menjerat Novanto adalah pidana dan di luar tugas pokok dan fungsi (tupoksi) an…

BERITA LAINNYA