Taliban: Pemimpin ISIS Bukan Pemimpin Islam

Sonya Michaella    •    Minggu, 20 Dec 2015 15:34 WIB
isis
Taliban: Pemimpin ISIS Bukan Pemimpin Islam
Taliban mengklaim ISIS kurang memiliki kontrol di beberapa negara Muslim seperti Mesir, Libya dan Yaman. (Foto: Getty)

Metrotvnews.com, Kabul: Grup militan Taliban cabang Pakistan mendeklarasikan perang terhadap grup ekstremis Islamic State (ISIS). Mereka juga menyebut pemimpin ISIS, yakni Abu Bakr al-Baghdadi, bukan seorang khalifah atau pemimpin umat Muslim. 

Lewat deklarasi tersebut, Taliban resmi meluncurkan perang terhadap ISIS atau dikenal juga dengan Daesh dalam akronim Bahasa Arab.

"Baghdadi bukan khalifah. Khalifah berarti ia bisa memerintah seluruh Muslim, sementara Baghdadi tidak memiliki itu. Dia hanya punya wewenang ke sejumlah orang dan wilayah tertentu," ungkap Taliban, seperti dikutip Express, Minggu (20/12/2015).

"Baghdadi bukan pemimpin umat Islam karena kepemimpinannya tidak sesuai dengan aturan Islam," tegasnya.

Taliban Pakistan juga mengatakan ISIS hanya memiliki sedikit kontrol di negara-negara Muslim seperti Mesir, Libya, Yaman dan Afghanistan.

Pernyataan Taliban Pakistan muncul setelah Taliban Afghanistan mengeluarkan komentar senada. Taliban Afghanistan memerangi ISIS yang berusaha mengembangkan sayapnya ke luar wilayah Irak dan Suriah.

Infiltrasi ISIS ke Afghanistan terjadi beberapa bulan setelah pasukan Inggris ditarik mundur. Taliban menyatakan ISIS sebagai grup kematian yang tindakannya "barbar" dan tidak manusiawi.

Akhir tahun lalu, beberapa anggota Taliban Pakistan menyatakan kesetiannya kepada ISIS. Mereka memerintahkan militan di seluruh wilayah untuk bergabung dan mendirikan kekhalifahan Islam.

Pihak berwenang Pakistan mengatakan ISIS tidak memiliki hubungan keuangan dengan kelompok Taliban Pakistan.

"Khalifah Baghdadi tidak Islami karena dalam kekhalifahan nyata, Anda memberikan keadilan, sedangkan Baghdadi membunuh para pejuang dari kelompok lain," lanjut pernyataan Taliban Pakistan.


(WIL)

Istri Novanto akan Diperiksa Besok

Istri Novanto akan Diperiksa Besok

24 minutes Ago

Rencananya, Deisti akan diperiksa, besok, Senin, 20 November 2017.

BERITA LAINNYA