Bentrok Suporter, Wagub Jatim: Jangan Terpancing Balas Dendam

Amaluddin    •    Minggu, 20 Dec 2015 15:51 WIB
arema malangpiala jenderal sudirman
Bentrok Suporter, Wagub Jatim: Jangan Terpancing Balas Dendam
Bonek Mania saat tiba di Mapolrestabes Surabaya, Jawa Timur, Minggu (20/12/2015). (Metrotvnews.com/MK Rosyid)

Metrotvnews.com, Surabaya:‎ Dua pendukung klub sepak bola, Aremania dan Bonek Mania terlibat bentrok di Sragen, Jawa Tengah. Dua Aremania meregang nyawa. Aksi anarkis itu dikhawatirkan mengganggu keamanan di Surabaya dan Malang, Jawa Timur.

Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf meminta masyarakat khususnya warga Malang dan Surabaya tidak melakukan pengadangan kendaraan. Dia juga menegaskan kalau masyarakat Surabaya dan Malang bersaudara.

“Jangan saling melakukan sweeping. Itu tindakan ilegal,” pinta pemilik sapaan Gus Ipul, di Surabaya, Minggu (20/12/2015).

Dua Aremania diketahui bernama Eko Prasetyo tewas akibat bus yang ditumpanginya dilempari batu oleh sekelompok Bonek Mania pendukung Surabaya United di Jalan Raya Mantingan-Sragen, Sabtu 19 Desember 2015 sekitar pukul 04.45 WIB. Korban kedua bernama Slamet yang dikeroyok Bonek Mania di lokasi berbeda, akhirnya meningal dunia di rumah sakit.

“Saya harap semua suporter yang bertikai bisa saling menahan diri. Apalagi sampai melampiaskan kemarahan kepada masyarakat yang tidak bersalah,” ujar mantan Ketua Umum KONI Jatim ini.

Gus Ipul berharap masyarakat tidak terjebak pada fanatisme sempit yang tidak rasional. “Berantem itu masa lalu, mari kita suarakan yang nyaring tentang persaudaraan. Yang salah harus dihukum sekeras-kerasnya,” ungkap mantan Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal ini.

Atas kejadian memilukan itu, Gus Ipul memandang perlu dilakukan tindakan hukum. Pelakunya harus diberi hukuman berat. “Kita kembalikan kepada hukum sebagai panglima. Yang lain jangan terpancing untuk saling balas dendam,” pungkasnya.


(SAN)

Ganjar Pranowo Bantah Tudingan Nazaruddin

Ganjar Pranowo Bantah Tudingan Nazaruddin

1 hour Ago

Nama Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo disebut-sebut sebagai salah satu orang yang menerima …

BERITA LAINNYA