Bentuk Pansus, DPR Hanya Menjadi Pembegal Menteri

Achmad Zulfikar Fazli    •    Minggu, 20 Dec 2015 15:56 WIB
dpr
Bentuk Pansus, DPR Hanya Menjadi Pembegal Menteri
Foto: Metrotvnews/Surya Perkasa

Metrotvnews.com, Jakarta: DPR terus mengenjarkan pembentukan Panitia Khusus (Pansus). Setelah Pansus Pelindo II, DPR kembali mengusulkan pembentukan Pansus Freeport.

Koordinator Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) Sebastian Salang mengkritisi langkah DPR yang sangat rajin mengusulkan pembentuk Pansus tersebut. Sebab, ia khawatir pembentukan Pansus ini hanya untuk menjatuhkan menteri-menteri yang tidak disukainya.

Contohnya menurut Sebastian, pembentukan Pansus Pelindo II. Kata dia, pembentukan Pansus tersebut terlihat jelas hanya ingin menjatuhkan Rino Soemarno dari jabatannya sebagai Menteri BUMN dan RJ Lino sebagai Direktur Utama Pelindo II.

"Saya khawatir (dengan membentuk Pansus) DPR ini Jadi pembegal (menteri)," kata Sebastian dalam diskusi 'DPR Mengkhianati Kepercayaan Rakyat' di kantor Formappi, Jalan Matraman Raya, Jakarta Timur, Minggu (20/12/2015).

Apalagi menurut dia, kinerja Pansus yang dibentuk DPR pun tidak pernah menunjukan hasil yang baik. Salah satunya, Pansus Pelindo II. Publik gagal mendapatkan bukti buruknya kerja Pelindo II.

"Publik enggak dapat kebobrokan Pelindo. Nafsunya hanya jatuhkan Rini dan Lino yang kuat," tegas dia.

Sebastian mengingatkan DPR agar tidak terus membentuk Pansus yang hanya bertujuan menjatuhkan menteri yang tidak disukainya. Sebab, langkah tersebut dapat membahayakan DPR, juga pemerintah.

"Jangan jadikan alat politik untuk jatuhkan orang yang tidak suka," pungkas dia.


(MBM)