Mandiri Siapkan Rp17,5 Triliun Hadapi Natal dan Tahun Baru 2016

Eko Nordiansyah    •    Minggu, 20 Dec 2015 17:42 WIB
bank mandiri
Mandiri Siapkan Rp17,5 Triliun Hadapi Natal dan Tahun Baru 2016
Ilustrasi. Antara/Puspa Perwitasari.

Metrotvnews.com, Jakarta: Bank Mandiri menyiapkan dana Rp17,5 triliun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat pada perayaan Natal dan pergantian tahun ke 2016. Jumlah dana itu naik 15,7 persen dibandingkan tahun lalu. Sebesar 63 persen dari dana yang disiapkan, akan dialokasikan untuk kebutuhan ATM dan 37 persen untuk memenuhi kebutuhan cabang.

Corporate Secretary Bank Mandiri Rohan Hafas mengatakan, pendistribusian dana difokuskan pada wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek). Alokasinya mencapai 60 persen dari total dana yang disiapkan. Di samping itu, wilayah-wilayah lain yang membutuhkan dana dalam jumlah besar antara lain, Surabaya, Bandung, Medan, Pekanbaru, dan Palembang.

"Pendistribusian dana akan dilakukan pada 18  hingga 31 Desember 2015. Pasalnya, pada rentang waktu tersebut, transaksi masyarakat diperkirakan akan meningkat untuk pemenuhan kebutuhan perayaan Natal dan tahun baru 2016," ujarnya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu (20/12/2015).

Dirinya menambahkan, Bank Mandiri juga memastikan kecukupan pasokan uang untuk mengisi ATM, menjaga ketersediaan infrastruktur, dan sistem operasional ATM agar kenyamanan nasabah dalam melakukan transaksi keuangan menjelang Natal dan tahun baru dapat tetap terjaga.

"Untuk mengantisipasi peningkatan kebutuhan dana nasabah, kami juga menyiapkan pasokan dana sebesar Rp1,6 triliun per hari untuk mengisi mesin ATM sejak satu pekan sebelum Hari Natal. Jumlah tersebut naik sekitar 6,76 persen dari rata-rata harian pasokan dana ATM pada tahun lalu," jelas dia.

Menurut Rohan, Bank Mandiri telah menerapkan sistem Cash Management dan sistem monitoring operasional seluruh ATM untuk memastikan ketersediaan uang dalam ATM. Dengan menerapkan sistem tersebut, kenaikan kebutuhan kas ATM maupun permasalahan ATM akibat perubahan pola belanja nasabah dapat diminimalisir dan ditangani secepatnya, sehingga ATM Mandiri akan selalu ready for use bagi nasabah.

Selain itu, seluruh jaringan 2.438 kantor cabang Bank Mandiri akan tetap beroperasi normal pada hari kerja hingga akhir tahun 2015, kecuali pada libur natal dan tahun baru. Adapun pada cuti bersama 24 Desember 2015 serta hari libur akhir pekan (26/12, 2/1 dan 3/1), sebanyak 251 kantor cabang akan beroperasi secara bergiliran untuk memberikan layanan perbankan terbatas dan menerima pembayaran delivery order SPBU-SPBU Pertamina.


(SAW)

MKD Tunda Pembahasan Nasib Novanto di DPR

MKD Tunda Pembahasan Nasib Novanto di DPR

6 hours Ago

Salah satu yang akan dibahas dalam rapat MKD itu adalah status Setya Novanto sebagai kasus koru…

BERITA LAINNYA