Petani Kakao Sampaikan Keluhan Kepada JK

Ilham wibowo    •    Minggu, 20 Dec 2015 18:00 WIB
kakao
Petani Kakao Sampaikan Keluhan Kepada JK
Wapres JK saat meneui petani kakao di Sulawesi Tenggara,--MTVN/Ilham Wibowo

Metrotvnews.com, Kendari: Wakil Presiden Indonesia Jusuf Kalla (JK) menerima langsung sejumlah petani kakao di Sulawesi Tenggara (Sultra). JK memberikan kesempatan menyampaikan apa yang menjadi kendala di lapangan.

Seorang petani kakao, Ajidaman mengatakan, para petani membutuhkan peningkatan budidaya. Sebab, jika tidak segera dibenahi produksi kakao akan menurun.

"Perlu peningkatan pendampingan terkait budidaya karena yang menjadi masalah utama itu sulitnya untuk memberikan pemahaman kepada petani," kata Ajidaman saat berhadapan dengan JK dan Mentri Pertanian RI Andi Amran Sulaiman di Balai Penelitian Perkebunan, Kendari, Sulawesi Tenggara (20/12/2015)

Petani lain, Sunandar mengatakan, perkebunan kakao di Sulawesi Selatan banyak yang berada di pedalaman. Ia meminta langsung kepada JK agar infrastruktur dibenahi untuk mempermudah akses dan menekan ongkos produksi.

"Kalau bisa jalan-jalan yang ada di wilayah kami bisa diperhatikan," pintanya.

Menanggapi permintaan petani kakao tersebut, JK merespon dan menyampaikan, pemerintah akan segera memberikan bantuan terhadap apa yang menjadi keluhan. Namun, JK mendorong kepada petani agar terus memperbaiki hasil produksi dan kualitas kakaonya. Sehingga harga jual bisa meningkat dan bisa menjadi nomor satu di dunia.

“Masalah dana dan bantuan lain yang dikeluhkan kami akan usahakan dengan tekad agar masyarakat bisa sejahtera," kata JK.


(MBM)