Tak Ada Masalah dengan Pesawat saat Persiapan Acara

Arga sumantri    •    Minggu, 20 Dec 2015 18:41 WIB
pesawat jatuh
Tak Ada Masalah dengan Pesawat saat Persiapan Acara
Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara Marsekal Pertama TNI Dwi Badarmanto. MTVN/Arga Sumantri

Metrotvnes.com, Jakarta: Pesawat tempur TNI AU jenis T50i Golden Eagle jatuh di Lanud Adisutjipto Yogyakarta. Insiden terjadi saat kendaraan tempur itu beratraksi dalam acara Gebyar Dirgantara 2015 Minggu (20/12/2015) sekitar pukul 09.50 WIB.

Kepala Dinas Penerangan (Kadispen) TNI Angkatan Udara Marsekal Pertama TNI Dwi Badarmanto menjelaskan, jatuhnya pesawat di luar kehendak semua pihak. Padahal, kata Dwi, acara Gebyar Dirgantara sudah disiapkan sejak lama.

"Para penerbang juga sudah dilatihkan setiap saat," ungkap Badar saat memberikan keterangan pers di Base Ops Lanud Halim Perdana Kusuma, Makassar, Jakarta Timur, Minggu sore.

Sejak Jumat 18 Desember, pesawat dan semua orang yang terlibat acara Gebyar Dirgantara sudah dikumpulkan di Yogyakarta. Esok harinya, pesawat dan para penerbang juga sudah melaukan geladi bersih. 

Hingga pagi tadi, sebelum pesawat T50i jatuh, atraksi manuver udara juga berjalan lancar. "Dan tidak ada masalah. Tapi ternyata itulah musibah " tambah Dwi Badarmanto.

Pesawat T50i Golden Eagle merupakan pesawat tempur latih yang tergolong baru buatan Korean Aero Industries, Korea Selatan. TNI AU membeli satu skuadron pesawat tersebut pada 2013 dan ditempatkan di Skuadron Utama 15 Lanud Iswahjudi, Madiun.  

Insiden Minggu pagi tadi merupakan kali pertama pesawat jenis ini jatuh di Indonesia. Dua penerbang yang mengendarai pesawat, yakni Pilot Letkol Pnb Marda Sarjono, dan Kopilot Kapten Pnb Dwi Cahyadi, dipastikan tewas dalam peristiwa tersebut.


(OGI)

MKD Tunda Pembahasan Nasib Novanto di DPR

MKD Tunda Pembahasan Nasib Novanto di DPR

11 hours Ago

Salah satu yang akan dibahas dalam rapat MKD itu adalah status Setya Novanto sebagai kasus koru…

BERITA LAINNYA