Ketahui Bahaya dari Menahan Bersin

   •    Minggu, 20 Dec 2015 21:28 WIB
kesehatan
Ketahui Bahaya dari Menahan Bersin
Apabila Anda menahan bersin, dapat membahayakan organ tubuh lainnya (Foto:Boldsky)

Metrotvnews.com, Jakarta: Jangan menahan bersin. Sebab, bersin merupakan suatu pertahanan yang bersifat melawan infeksi yang masuk ke dalam tubuh.

Dengan bersin, beberapa bakteri atau partikel berbahaya yan mencoba masuk ke dalam tubuh dikeluarkan.

Ini menunjukkan bahwa bersin mencegah Anda terkena infeksi. Dengan bersin, Anda mengurangi risiko serangan berbagai penyakit.

Apabila Anda menahan bersin, dapat membahayakan organ tubuh lainnya. Tekanan udara dari bersin bisa dialihkan ke organ lain seperti telinga, otak, leher, atau difragma yang dapat menyebabkan kerusakan sistem tubuh.

Kecepatan udara yang keluar dari lubang hidung Anda saat bersin sekitar 160 kilometer per jam. Nah, apabila Anda menghentikan bersin, selain berdampak buruk pada bagian tubuh, juga membuat bakteri yang seharusnya keluar dari tubuh malah berkembang baik sehingga menimbulkan berbagai penyakit baru.

Jika Anda memaksa berhenti bersin, tekanan udara bisa terjebak di dalam dan dapat menyebabkan kerusakan mata. Kapiler darah di mata Anda bisa terluka akibat tekanan udara yang meningkat. Bahkan, dalam beberapa kasus bisa menyebabkan stroke.

Umumnya, seseorang menahan bersin karena malu atau merasa tak pantas melakukannya di muka umum. Sebaiknya, apabila Anda sudah mendapatkan tanda-tanda akan bersin, segera tutup hidung dengan sapu tangan untuk meredam suara.

Pada intinya, Anda tidak boleh menahan bersin. Bersin merupakan bagian dari cara tubuh melawan bakteri. (Sumarni/Boldsky)


(ROS)