Hari ini, Lima Pimpinan KPK Ucapkan Sumpah di Depan Jokowi

Desi Angriani    •    Senin, 21 Dec 2015 05:30 WIB
capim kpk
Hari ini, Lima Pimpinan KPK Ucapkan Sumpah di Depan Jokowi
Capim KPK Agus Rahardjo yang kini terpilih sebagai ketua KPK mengikuti uji kelayakan dan kepatutan capim KPK di Komisi III DPR, Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (16/12). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan.

Metrotvnews.com, Jakarta: Lima pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2015-2019 akan mengucap sumpah/janji di hadapan Presiden Joko Widodo. Acara tersebut digelar di Istana Negara, Jakarta, Senin (21/12/2015) pukul 16.00 WIB.

Dalam acara itu akan dihadiri para pejabat negara. Menteri kabinet kerja, kepala lembaga negara, pimpinan DPR/MPR, Kapolri, Panglima TNI dan mantan pimpinan KPK periode sebelumnya dikabarkan akan datang.

Namun, sebelum mendengarkan sumpah pimpinan KPK Agus Rahardjo Cs, Presiden akan mengawali harinya dengan bersilaturahim bersama para kepala sekolah yang menerima anugerah Integritas Ujian Nasional sekitar pukul 09.00 WIB. Selang lima jam setelahnya, Presiden akan menyerahkan Penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara (APN) 2015.

Sekadar informasi, DPR sudah mengesahkan lima orang pimpinan KPK terpilih. Pengesahan dan pengambilan suara dilakukan dalam rapat paripurna, Jumat 18 Desember 2015. 

Dalam voting yang diikuti sebanyak 54 Anggota Komisi III itu, Agus Rahardjo mendapatkan perolehan suara sebanyak 53 suara, Basaria Pandjaitan, sebanyak 51 suara, Alexander Marwata, sebanyak 46 suara, Laode Muhammad Syarif dan Saut Situmorang masing-masing mendapatkan sebanyak 37 suara.

Sementara sisa nama capim KPK lain dinyatakan tidak terpilih sebagai Pimpinan KPK periode mendatang. Mereka adalah Johan Budi Sapto Prabowo yang mendapatkan 25 suara, Robby Arya Brata 14 suara, Sudjanarko, 3 suara, Busyro Muqoddas dua suara dan Surya Tjandra tidak mendapatkan suara sama sekali alias nol.



(OGI)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

1 week Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA