Rupiah akan Bergerak di Rp14.048-Rp14.020/USD

Dian Ihsan Siregar    •    Senin, 21 Dec 2015 09:41 WIB
rupiah melemah
 Rupiah akan Bergerak di Rp14.048-Rp14.020/USD
Rupiah. ANTARA FOTO/M Agung Rajasa.

Metrotvnews.com, Jakarta: Laju USD sempat mengalami pelemahan seiring dengan berkurangnya ketidakpastian The Fed pada saat menaikkan suku bunga acuannya. Namun, USD kembali menguat terhadap mata uang lainnya termasuk rupiah, seiring berbaliknya sikap pelaku pasar menyikapi kenaikan suku bunga The Fed.

"Penurunan kembali harga minyak mentah global pun memberikan kesempatan bagi USD untuk menguat. Akibatnya menjadi sentimen negatif bagi laju mata uang lain, seperti EUR, GBP, dan NZD, termasuk terhadap laju Rupiah yang kembali melemah," ungkap Kepala Riset NH Korindo Securities Indonesia Reza Priyambada dalam keterangan risetnya yang ‎diterima Metrotvnews.com, Senin (21/12/2015).

Akan tetapi, menurut Reza, pelemahan yang terjadi cenderung tipis, karena adanya penguatan di sejumlah mata uang lainnya terhadap USD, seperti JPY, CNY, INR, dan KRW serta harapan positif akan tetapnya level BI rate.

Dia meminta pelaku pasar untuk tetap mencermati imbas kembali positifnya laju USD terhadap laju Rupiah. Gerak Rupiah masih dimungkinkan dapat kembali mengalami kenaikan, asalkan pelaku pasar tidak melakukan perubahan portofolio signifikan untuk melakukan aksi ambil untung dari penguatan USD tersebut.

"Meski hanya melemah tipis, investor perlu awasi Rupiah yang masih rentan akan potensi pelemahan lanjutan," kata dia. 

Dia memperkirakan laju rupiah akan berada di level Rp14.048-Rp14.020 per USD (kurs tengah BI) pada perdagangan Senin 21 Desember. 


(SAW)